Thursday, March 04, 2010

Merekam Program TV dengan Gadmei USB 2.0 TV Box UTV332E

Seringkali acara atau program menarik di televisi hilang begitu saja. Di websitenya tidak ada, rekamannya juga tidak ada. Untuk berbagai keperluan pribadi, tampaknya perlu sekali untuk merekam program tersebut. Sekali lagi untuk keperluan pribadi semata. Hanya sekedar untuk menjadi saksi sejarah Century melalui layar kaca (eh... layar LCD).

Untuk merekam program TV, dulu pernah menggunakan Handycam yang menggunakan kaset miniDV 8 mm. Karena untuk dipindah ke PC memerlukan proses yang panjang dan rumit, perlu mencari handycam yang mudah pengoperasiannya. Pilihan jatuh ke handycam yang berbasis hard disk. Ternyata handycam model ini (Sony DCR SR-45) tidak memiliki port Video In. Menurut manualnya, karena alasan tertentu, tampaknya si pembuat handycam sengaja tidak menyediakan port tersebut.

Salah satu pilihan untuk merekam TV adalah menggunakan USB TV Tuner. Dengan model eksternal seperti ini, diharapkan mudah untuk diajak mobile. Model eksternal juga ada yang tidak menggunakan USB. Sehingga tanpa PC hidup-pun TV Tuner ini tetap bisa digunakan dan langsung ditayangkan di monitor. Model seperti ini tidak bisa digunakan untuk merekam TV.

TV Tuner jenis USB atau eksternal yang digunakan adalah Gadmei USB 2.0 TV Box UTV332E. Jenis TV Tuner yang juga saya gunakan namun tidak menggunakan port USB adalah KWORLD Plus TV 1440EX. Jenis yang kedua tidak bisa untuk merekam, namun bisa dijalankan tanpa harus menghidupkan PC kecuali monitornya saja. Kedua TV Tuner ini memerlukan antena, bisa antena TV indoor atau antena TV outdoor.

Driver dan aplikasi untuk USB TV Tuner harus diinstalasi terlebih dahulu agar bisa dimanfaatkan. Jika proses instalasi telah sukses, akan muncul ikon "TVHome Media" di Desktop anda. Dengan meng-klik ganda ikon tersebut, TV Tuner siap digunakan. Langkah pertama adalah men-scan kanal-kanal TV di sekitar anda. Hasil perekaman menunjukkan bahwa setiap menit kira-kira membutuhkan 15 MB, karena pilihan kualitasnya (record quality) adalah High. Namun jika pilihan kualitasnya adalah Normal, setiap menit kira-kira membutuhkan 10 MB. Entah jika pilihan kualitasnya adalah Highest. Normal = 563 MB/H, High = 900 MB/H, dan Highest = 1800 MB/H. Mb/H = Mega Byte per Hour.

Jenis file hasil rekaman (Record format), secara default adalah *.mpg atau MPEG-2. Selain jenis tersebut ada jenis-jenis lain yang mungkin bisa dicoba, seperti MPEG-1, VCD-NTSC, VCD-PAL, DVD-NTSC, DVD-PAL, SVCD-NTSC, SVCD-PAL. Pilihan-piluhan ini bisa dilihat pada menu Setting - Record set. Pada menu ini juga bisa diubah lokasi penyimpanan file, misal langsung ke eksternal hard disk.

Yang masih menjadi PR (Pekerjaan Rumah) adalah mencari USB TV Tuner yang jalan di Fedora. Gadmei UTV332E aku beli seharga Rp 215rb saja di M2M.

3 comments:

  1. Mas Munir... boleh minta tolong diupload driver + software nya? Kebetulan CD saya hilang... dan setelah install ulang windows masih belum bisa dipakai lagi TV tuner nya. Sebetulnya sudah banyak file yg didownload untuk drivernya, tapi masih belum bisa kedetect di Aplikasi TV Home Media nya, padahal kalaua dari device manager, sudah kedetect.
    Thanks sebelumnya

    ReplyDelete
  2. Silahkan cek di :
    ftp://dl1.batan.go.id/array1/VOL1/drivers/USB_TVBOX_V3.3.1/
    Selamat mencoba

    ReplyDelete
    Replies
    1. mas k g bisa dibuka alamatnya mohon bantuannya dong..

      Delete