Saturday, March 06, 2010

MP3Info, An MP3 technical info viewer and ID3 1.x tag editor

Saat menjalankan file MP3, kadangkala nama penyayi dan albumnya tidak tampak di layar monitor. Kayaknya gak seru. Hal ini karena informasi atau ID dari file MP3 tersebut memang belum ada. Untuk menambahkan informasi atau ID file MP3, dahulu saya menggunakan aplikasi WinAMP. Namun setelah migrasi ke IGOS, penggunaan WinAMP saya hentikan. Saya lebih suka menggunakan XMMS. Sayangnya XMMS tidak bisa mengubah ID MP3 , hanya bisa dilihatnya saja. Setelah cari kesana kemari, akhirnya ada tool atau utility yang bisa digunakan untuk mengubah atau menambah info.

MP3Info adalah utiliti kecil yang dapat digunakan untuk membaca dan mengubah ID3 tag dari file MP3. MP3Info dapat juga menampilkan berbagai aspek teknis dari file MP3 termasuk waktu putar, bit-rate, frekuensi sampling dan atribut lain dalam format keluaran pre-defined atau user-specifiable.

Sebenarnya dengan meng-klik kanan file MP3, kita juga dapat melihat info terkait file tersebut. Caranya adalah : klik kanan file MP3 -> Properties -> Audio/Video -> Media Details : Title, Artist, Album, Length, Demuxer.

MP3Info saya dapatkan di : http://www.ibiblio.org/mp3info/. Dari situs ini Anda dapat langsung men-download paket MP3Info dalam format RPM, atau langsung download dari :
ftp://ftp.ibiblio.org/pub/linux/apps/sound/mp3-utils/mp3info/mp3info-0.8.5a-1.i386.rpm.

Instalasinya adalah dengan menjalankan perintah baris sbb :
[root@localhost Download]# rpm -ivh mp3info-0.8.5a-1.i386.rpm Preparing... ########################################### [100%] 1:mp3info ########################################### [100%] [root@localhost Download]#

Misal, kita akan menambah informasi file MP3 "Curhat_Buat_Sahabat.mp3". Informasi yang ada baru Length dan Demuxer. Kita akan tambahkan infromasi tentang judul lagu "Curhat Buat Sahabat", nama penyanyi "Dewi Lestari", nama album "Rectoverso" dan tahun album "2008", maka perintah baris yang dijalankan adalah :

# mp3info -t Curhat\ Buat\ Sahabat -a Dewi\ Lestari -l Rectoverso -y 2008 Curhat_Buat_Sahabat.mp3

Perlu dicatat bahwa dalam perintah baris di Linux, ia tidak mengenal spasi, kurung buka, kurung tutup dan juga tanda petik di dalam atribut. Untuk itu tambahkan slash. Hasil penambahan informasi kepada file MP3 "Curhat_Buat_Sahabat.mp3" dapat dilihat pada image di sebelah ini.

Contoh lain :
Nama file : Aku_Ada_(Feat_Arina_Mocca).mp3, perintah barisnya adalah :
# mp3info -t Aku\ Ada\ \(Feat\ Arina\ Mocca\) -a Dewi\ Lestari -l Rectoverso -y 2008 Aku_Ada_\(Feat_Arina_Mocca\).mp3

Jika informasi yang ingin diubah adalah judul lagu saja, maka perintah baris yang perlu dijalankan adalah :
# mp3info -t Unchained\ Melody Unchained\ Melody.mp3

Info lain dijamin tidak berubah atau masih tetap seperti sedia kala, hanya informasi tentang title atau judul lagu saja yang berubah.

Kalau mau agak sedikit repot, tambahkan informasi nomor Track, Comment dan Genre.
-c comment
-g genre
-n track

Genre adalah jenis musik, misal Pop, Rock, Jazz, Classical, dll. Kode Genre dapat dilihat dengan perintah baris :
# mp3info -G

Option lain cek dengan perintah baris :
# mp3info --help

Option yang biasa saya pakai :
-t "judul_lagu"
-a "nama_artis"
-l "nama_album"
-n "nomor_track"
-y "tahun_album"
-g "genre"
-c "komentar"

Catatan :
Meskipun nomor track sudah dicantumkan, namun saat di-play urutannya mengikuti urutan nama file. Jadi agar sesuai dengan urutan pada album, tambahkan angka atau nomor track di setiap awal nama file.

Thanks to Cedric Tefft, Ibiblio.

No comments:

Post a Comment