Tuesday, March 02, 2010

BackTrack 4 [pwnsauce]

Offensive Security, pengembang BackTrack Linux, telah merilis versi final dari BackTrack 4, setelah melakukan pengembangan selama hampir setahun. BackTrack 4 menyediakan download berupa Live-DVD dan image VMware yang semuanya dapat diinstalasi atau digunakan, baik dalam modus grafis atau modus teks.

BackTrack 4 dengan nama kode [pwnsauce] telah menjalani uji coba cukup lama, dan kini dianggap telah sempurna. [pwnsauce] menggunakan kernel Linux 2.6.30.9, dan KDE 3.5.10 sebagai default desktop-nya.

BackTrack 4 juga telah mengemas sejumlah aplikasi keamanan, termasuk di antaranya: scanner (seperti OpenVAS, optional Nessus), sniffer (seperti Ettercap, Wireshark, Hamster), perkakas analisis forensik, penetrations tools, dan portscanner (seperti nmap, Zenmap).

Selain itu, terdapat juga tools untuk membobol password, tools untuk menelusuri Bluetooth, WLAN dan RFID, tool penetration test, software penganalisis VoIP, dan tool untuk melakukan reverse engineering. Offensive Security mengklaim BackTrack 4 merupakan distro yang paling lengkap dalam bidang keamanan komputer.

Sumber: Majalah bulanan InfoLINUX 03/2010.

No comments:

Post a Comment