Tuesday, March 02, 2010

Kursus Gratis dari Linux Foundation

Mulai bulan Maret mendatang, Yayasan Linux Fundation menjadwalkan serangkaian kursus jarak jauh tentang Linux via Webinar, yang langsung digelar dari kantor Linux Foundation. Webinar yang membahas berbagai topik disusun oleh para pengembang dan praktisi kawakan telah menyediakan 6 kursus pada tahap awal, yang ditargetkan untuk para pengembang Linux sebanyak 5 kursus, dan satu kursus untuk administrator sistem. Peminat dapat mengikuti Webinar tersebut tanpa dipungut biaya.

Linux Foundation menekankan kesempatan emas untuk menyerap ilmu langsung dari para pengembang utamanya. Pada website Webinar tertulis kalau kursus gratis ini merupakan kesempatan yang baik untuk para peserta untuk belajar langsung dari para pengembang inti, dan untuk mengenal lebih jauh jenis kursus yang ditawarkan melalui program pelatihan Linux lain yang diselenggarakan Linux Foundation.

Peserta kursus dijamin akan menerima training yang netral, dan tidak berpihak kepada salah satu vendor atau distro Linux tertentu. Materi kursus akan memberikan pengetahuan yang luas dan pengetahuan dasar tentang Linux.

Pengembang kernel, John Corbet, akan mengawali seminar web yang ditawarkan Linux Foundation ini dengan topik umum yang berjudul: "How to Contribute to the Linux Community". Webinar selanjutnya yang masing-masing berlangsung antara 2-5 hari, akan lebih banyak mengulas seputar pengembangan kernel dan administrasi sistem.

Untuk tema kursus lainnya, James Bottomley, yang hari-harinya bertugas sebagai Kernel-Maintainer akan membawakan tema "pengembangan GIT", yang membahas software untuk mengelola versi kode pemrograman Kernel. Joe "Zonker" Brockmeier akan membahas tema "Troubleshooting dan System-Tuning", sementara Ted T'so akan menurunkan ilmunya dalam Webinar tentang Kernel-Tuning. Jika tertarik mengikuti kursus ini, Anda dapat registrasi ke http://training.linuxfoundation.org.

Sumber: Majalah bulanan InfoLINUX 03/2010.

No comments:

Post a Comment