Tuesday, March 02, 2010

Pembatasan Akses SourceForge.net

SourceForge.net memberikan konfirmasi, bahwa SourceForge.net akan memblok akses dari beberapa wilayah seperti Kuba, Iran, Korea Utara, Sudan, dan Syria, ke situs hosting proyek open source miliknya. Hal ini bisa dilihat, jika dari negara yang diblok mencoba masuk ke situs SourceForge.net, maka hanya ada tampilan pesan "403 forbidden".

Penutupan akses ini dilakukan sebagai langkah perusahaan yang menuruti pembatasan ekspor AS, yang membuatnya ilegal untuk dapat mentransfer atau mengekspor sejumlah teknologike negara-negara yang terdapat pada daftar sanksi pemerintah AS.

Jika tidak memenuhi aturan yang telah ditetapkan, maka akan mendapatkan sanksi yang ada, dan dapat dilakukan penalti yang berkisar dari denda hingga hukuman penjara. SourceForge.net menyatakan sangat menyesal melakukan hal ini, karena menurutnya sanksi yang dilakukan pihaknya mungkin akan berimbas pada orang-orang yang sebenarnya tidak memiliki niat jahat.

Sangat disayangkan memang, aturan ini masih akan tetap berlaku sampai pihak administrasi AS menghapus daftar negara yang di-black list atau mengubah aturan yang ada. Semoga saja hal ini dapat segera berakhir.

Sumber: Majalah bulanan InfoLINUX 03/2010.

No comments:

Post a Comment