Tuesday, March 02, 2010

Oracle Lunasi Akuisisi Sun Microsystem

Pada 27 Januari 2010, Oracle telah mengumumkan penyelesaian pembayaran akuisisi Sun Microsystems sebesar US$ 7 milliar. Oracle juga menyatakan bahwa pihaknya akan tetap melanjutkan komitmen dari produk Sun, yakni berbasis sistem terbuka dan Java.

Charles Phillips, Co-president Oracle, dalam konferensi Oracle pusat di Redwood Shores, California, mengatakan kalau Oracle akan berinvestasi di Java One, dimana semuanya akan menjadi global. Proyek ini akan dibicarakan lebih lanjut dalam Oracle Open World, dan akan menambahkan lokasi seperti Brazil, Rusia, India, dan Cina. Menurut Oracle, investasi ini hanya mampu dilakukan oleh Oracle, sedangkan Sun Microsystem tidak. Oracle Open World akan diadakan di San Francisco, 19-23 September 2010, dan diharapkan akan dihadiri lebih dari 40.000 peserta, dan akan terdapat lebih dari 1.500 sesi yang mencakup aplikasi, middleware, database, virtualisasi server, penyimpanan, dan SPARC.

Setelah penyelesaian akuisisi ini, terdapat sejumlah rencana yang akan dilakukan. Sebagai contoh, Oracle berencana untuk memanfaatkan produk server Sun, dan media penyimpanannya. Oracle akan menggunakan Sun SPARC sebagai hardware utama, yang akan disandingkan dengan produk database milik Oracle. Berbagai produk buatan Sun, akan membantu Oracle dalam menembus pasar vertikal baru.

Sebagai contoh, Oracle akan mengintegrasikan solusi perangkat lunak untuk perusahaan-perusahaan telekomunikasi dengan Sun's Netra carrier-grade server. Hal ini akan memberi dimensi yang baru, dan kehadiran dalam suatu industri telekomunikasi yang belum dimiliki sebelumnya. Sektor lain yang diharapkan dapat memanfaatkan teknologi Oracle-Sun adalah industri keuangan, dan sektor publik.

Sumber: Majalah bulanan InfoLINUX 03/2010.

No comments:

Post a Comment