Saturday, January 22, 2011

Red Hat Merilis RHNS 5.4

Red Hat telah merilis versi terbaru dari aplikasi Red Hat Network Satellite (RHNS), yakni, RHNS 5.4. RHNS dapat mempermudah proses manajemen server berbasis Red Hat Enterprise Linux. RHNS spesifik dibuat untuk memanajemeni rilis terbaru dari distro Red Hat, yakni Red Hat Enterprise Linux 6.

RHNS 5.4 dapat menjadi pusat konfigurasi dari beberapa server fisik maupun virtual yang berbasiskan Red Hat Enterprise Linux melalui tiga buah modul, yakni Management, Provisioning, dan Monitoring. Salah satu fitur baru yang disertakan dalam RHNS adalah dukungan SELinux dalam manajemen konfigurasi dan fitur laporan ditingkatkan untuk kebutuhan audit. Versi ini juga memiliki fitur untuk mendukung repositori dari pihak ketiga sehingga RHNS dapat digunakan untuk mengatur perangkat lunak berbasis open source dari vendor lain, maupun perangkat lunak buatan Red Hat.

Meski ditujukan untuk RHEL 6, namun RHNS 5.4 juga dapat digunakan untuk versi lawas dari RHEL. Penjelasan lebih lengkap mengenai RHNS 5.4 dapat Anda temukan lebih lanjut pada url http://www.redhat.com/red_hat_network/moduledetail/.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 01/2011

No comments:

Post a Comment