Saturday, January 22, 2011

Mozilla Open Web Apps

Pada bulan Mei 2010 lalu, Mozilla telah mengumumkan rencana untuk membuat "open web app ecosystem". Kini, Mozilla telah merilis prototipe dari web app store buatannya. Langkah ini merupakan upaya dari pihak Mozilla untuk lebih dulu mengumumkan dibandingkan rilis serupa dari Google dengan layanan Chrome Web Storenya.

Pada bulan Mei 2010 di blog Mozilla, Jay Sullivan, Vice President of Product Mozilla, menuliskan kalau dengan mendukung apa yang dibutuhkan oleh para pengembang web dalam membuat halaman web dan aplikasinya yang tidak terikat pada salah satu browser saja dan dapat berjalan melalui web, merupakan misi utama pelayanan untuk umum dari Mozilla. Prototipe store didesain untuk dapat mendukung apa yang disebut sebagai "Open Web Apps".

Open Web Apps merupakan aplikasi web yang dibangun dengan menggunakan HTML5, CSS, JavaScripts, dan memiliki kemampuan untuk dapat diinstalasikan ke halaman muka pada desktop web browser maupun desktop sistem operasi. Update lanjut dari proyek ini dapat ditemukan pada blog Mozilla Labs (http://mozillalabs.com/).

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 12/2010

No comments:

Post a Comment