Saturday, January 22, 2011

Asterisk 1.8

Digium telah merilis Asterisk 1.8.0, paket IP PBX system, VoIP gateway, dan conference server yang bersifat free dan open source, dan sangat populer di platform Linux. Versi ini merupakan rilis Long Term Support (LTS) yang memiliki dukungan hingga empat tahun. Rilis LTS sebelumnya dari Asterisk adalah Asterisk versi 1.4.

Versi terbaru dari Asterisk 1.8 ini sudah menyertakan dukungan IPv6 dalam SIP channel driver, mendukung Google Talk dan Google Voice, integrasi dengan kalendar (Microsoft Exchange, Ca1Dav, dan iCalendar). Versi teranyar ini juga telah menambahkan dukungan codec, mengubah voice pitch untuk semakin menyajikan suara yang jelas, dan dukungan PacketCable NCS 1.0 yang memungkinkan pembuatan beragam layanan bisnis lebih lanjut.

Sekilas mengenai Asterisk, aplikasi ini dibuat kali pertama pada tahun 1999 oleh Mark Spencer dari Digium. Seperti kebanyakan perangkat PBX, Asterisk memungkinkan pengguna untuk dapat terhubung ke berbagai layanan telepon, termasuk PSTN dan layanan VoIP. Asterisk 1.8 sudah tersedia untuk di-download pada url http://downloads.asterisk.org/pub/telephony/asterisk/, dan dilisensikan ke dalam GNU GPLv2.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 12/2010

No comments:

Post a Comment