Saturday, January 22, 2011

GNOME 2.32.1

Para pengembang GNOME telah mengumumkan rilis GNOME 2.32.1 yang ditujukan untuk desktop GNU/Linux dan Unix. Versi ini merupakan versi update pertama dari seri GNOME 2.32. Luca Ferretti, salah seorang pengembang GNOME, menuturkan kalau rilis stabil terakhir dari paket GNOME ini telah menyertakan berbagai macam perbaikan bug, peningkatan terjemahan, dan sejumlah update minor pada paket GNOME yang disertakan, di antaranya aplikasi instant messaging Empathy dan e-mail klien Evolution.

Peningkatan lain yang terdapat pada GNOME 2.32.1 adalah paket Evince yang telah ditingkatkan penggunaannya untuk dapat digunakan melalui antarmuka AtkText yang memungkinkan Orca, aplikasi GNOME screen reader, dapat membaca dokumen melalui Evince. Untuk para pengembang, versi ini telah menyertakan sekumpulan pustaka API dan ABI yang tersedia dalam lisensi GNU LGPL.

Selain itu, Ferretti juga menjelaskan kalau rilis ini lebih baik daripada rilis GNOME 2.x versi sebelumnya. Kelanjutan dari GNOME 2.x, yakni GNOME 3.0, juga diharapkan dapat rilis pada musim semi tahun depan. Setelah rilis GNOME 2.32..1, pihak GNOME belum memberi informasi mengenai rilis dari GNOME 2.32.x yang akan dirilis kembali.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 01/2011

No comments:

Post a Comment