Saturday, January 22, 2011

HP Palm merilis webOS 2.0

HP, salah satu vendor terbesar di dunia teknologi informasi, telah mengumumkan rilis versi 2.0 dari webOS, sistem operasi mobile buatan Palm yang kini telah diakuisisi oleh HP. webOS 2.0 diharapkan dapat menandingi sistem operasi mobile yang saat ini sedang tenar, yakni Apple's iOS 4 dan Google Android 2.2. Versi terbaru dari sistem operasi berbasis

Linux, namun bersifat proprietary ini, sudah dilengkapi dengan dukungan built-in Adobe Flash 10.1 yang dapat menyajikan isi halaman web pada web browser yang telah disertakan dan peningkatan dukungan multi-tasking, dimana HP menyebutnya dengan istilah "true multitasking".

Pengguna juga dapat dengan mudah beralih di antara aplikasi yang terbuka, tanpa perlu menutup aplikasi yang saat ini sedang digunakan. HP juga telah menambahkan sejumlah fitur yang ditujukan untuk para pengembang, yang meliputi API baru, Node JS runtime environment, peningkatan HTML5, dan sejumlah update webOS Plug-In Development Kit (PDK). Sejumlah pengubah lain termasuk fitur pencarian universal yang dikenal dengan istilah "Just Type", peningkatan fitur e-mail dan pengirim pesan dan sejumlah update aplikasi produktivitas lainnya.

HP juga telah mengumumkan generasi selanjutnya dari Palm Pre smartphone, yakni Palm Pre 2, yang telah menggunakan webOS 2.0. Palm Pre 2 memiliki fitur dan desain yang hampir serupa dengan versi sebelumnya, dimana smartphone ini telah menyertakan 5 megapixel kamera dengan LED flash, 1 Ghz CPU, 16 GB on board storage, 512 MB RAM, built-in GPS receiver, 802.11 b/g WiFi dan Bluetooth 2.1+ EDR. Penjelasan lebih lanjut mengenai webOS 2.0 dapat ditemukan pada url http://www.palm.com/us/products/software/webos2/.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 12/2010

No comments:

Post a Comment