Saturday, May 01, 2010

Solusi Komputasi Awan Berbasis Ubuntu Enterprise Cloud dan DELL

Canonical merupakan sedikit dari pemain baru dipasar server Linux, namun telah memffiki kemajuan besar. Hal ini berkat pendekatan yang lebih, dimana Canonical menawarkan Ubuntu Server secara free. Ha1 ini sangat berbeda dengan solusi server dari Red Hat atau SUSE. Hal lain yang menjadi pembeda adalah solusi cloud computing bernama Ubuntu Enterprise Cloud. Canonical juga mengumumkan kemenangan pihaknya di pasar, bekerja sama dengan Dell.
Mark Murphy, Global Alliance Director Canonical, mengumumkan kalau Dell telah menawarkan sejumlah blueprint hasil konfigurasi yang telah dioptimalkan untuk kasus berbeda, dan menggunakan skala. Blueprint ini akan mencakup hardware PowerEdge-C, software UEC, dan layanan dukungan yang menyeluruh. Tim Dell memiliki kemampuan dan pengalaman yang cukup kuat di bidang ini, dan dapat memberikan panduan rinci seputar solusi blueprint, yang biasa terdapat di pengembangan bertaraf enterprise.

Ubuntu Enterprise Cloud juga bekerja sama dengan produk proprietary dari Microsoft dan VMware, yang juga didukung oleh Dell. Canonical mengatakan kalau ini merupakan kali pertama vendor hardware ternama menawarkan solusi komputasi awan berbasis open source.

Nantinya, Dell akan menawarkan sistem berbasis Ubuntu 10.04 LTS, dan pelanggan akan mendapatkan produk komputasi awan yang kompatibel dengan API Amazon EC2 (Elastic Cloud Computing) dan S3 (Simple Storage Service). Untuk memastikan hal ini berjalan dengan baik, pihak Canonical telah bekerja sama dengan para insinyur Dell selama enam bulan terakhir, untuk memastikan 100% kompabilitas antara server Dell PowerEdge-C dan Ubuntu Enterprise Cloud.

Sumber : Majalah InfoLinux 05/2010

No comments:

Post a Comment