Saturday, May 01, 2010

Fitur Baru di Vyatta 6.0

Pada 31 Maret 2010, Vyatta telah merilis versi terakhir dari sistem operasi Linux router/firewall miliknya, yakni Vyatta 6.0. Versi ini sudah siap digunakan oleh para ahli jaringan dan dunia usaha yang mencari sumber terbuka alternatif untuk kebutuhannya. Fitur terbesar yang disertakan pada rilis ini adalah Remote Access API barn, yang memungkinkan pengembang untuk menciptakan perangkat untuk mengontrol router atau memasukan fungsi dalam aplikasi yang sudah ada.
Dengan Vyatta 6.0, perusahaan juga memperkenalkan sistem tiering yang baru. Sistem operasi dasar akan dirilis sebagai Vyatta Core, dan akan tersedia secara gratis sebagai proyek open source. Bagi para pelanggan yang memilih Subscription Edition akan mendapatkan dukungan komersial, tambahan lebih banyak tool (termasuk API Remote Access), dan tambahan sejumlah fitur eksklusif yang lain.

Pelanggan Vyatta Plus aka n mendapatkan lebih banyak fitur, termasuk VyattaGuard Web Filtering. Pemilihan model oper-core yang dipilih oleh Vyatta, diklaim dapat mempercepat proses update ke semua pengguna Vyatta dalam waktu yang bersamaan.

Sumber : Majalah InfoLinux 05/2010

No comments:

Post a Comment