Saturday, May 01, 2010

SliTaz GNU/Linux 3.0

SliTaz, distro Linux Live CD/USB yang hemat memory dan memiliki ukuran file yang kecil, telah merilis versi terbarunya, yakni S1iTaz GNU/Linux 3.0. SliTaz GNU/ Linux 3.0 telah dilengkapi dengan paket X Server terbaru, yakni X.Org 7.4, dan browser Midori yang berbasiskan Webkit. SliTaz 3.0 juga telah dilengkapi dengan Linux Kernel 2.6.3 0.6, dan sejumlah tambahan aplikasi lainnya.
Dalam pengumuman resminya, tim SliTaz yang diwakili oleh Christophe Lincoln, menyatakan kebanggaannya dapat merilis S1iTaz GNU/Linux 3.0. Versi terbaru dari S1iTaz ini diklaim lebih mudah, lebih cepat, dapat dikustomisasi, lebih powerful, namun memiliki ukuran yang lebih kecil. Versi 3.0 ini sendiri baru dapat dirilis, setelah melalui satu tahun masa pengembangan.

Desktop inti dari SliTaz 3.0 dilengkapi dengan X.Org 7.4, Openbox, komponen LXDE, dan sejumlah aplikasi buatan sendiri. Meski berukuran kecil, distro ini sudah dapat digunakan untuk berselancar di dunia maya, mendengarkan musik, dan memanajemeni file gambar. Jika paket yang dikemas masih terasa kurang, S1iTaz juga menyertakan lebih dari 900 paket aplikasi yang dapat ditambahkan. Distro ini juga dapat diinstalasikan ke USB flash drive dengan tazusbbox.

Sumber : Majalah InfoLinux 05/2010

No comments:

Post a Comment