Saturday, May 01, 2010

Novell Tolak Tawaran Akuisisi Senilai US$2 Miliar

Novell, Inc. telahmemberiketerangan bahwa pihaknya menolak tawaran pengambilalihan dari Elliott Associates LP, dengan alasan tawaran tersebut di bawah nilai perusahaan. Novell, Inc. mengatakan bahwa pihaknya telah melihat alternatif lain untuk "meningkatkan nilai pemegang saham", termasuk mencari pembeli potensial lainnya. Elliot Associates telah menawarkan diri untuk membeli Novell, Inc. dan menghargai perusahaan tersebut senilai US$2 miliar.
Dalam siaran pers yang diberikan, Novell, Inc. mengumumkan bahwa dewan telah mengambil kesimpulan, setelah mempertimbangkan dengan cermat, termasuk review proposal dengan keuangan independen, dan penasihat hukumnya bahwa proposal dari Elliott Associates LP untuk mengakuisisi Novell, Inc. untuk US$ 5,75 per saham tidak memadai, dan berada di bawah nilai waralaba perusahaan dan prospek pertumbuhan.

Novell, Inc. perusahaan yang membuat SUSE Linux Enterprise dan sejumlah proyek open source lainnya, telah melihat adanya pertumbuhan pada beberapa tahun terakhir. Hal ini yang masih membuat sejumlah penghasilan yang cukup besar dari produk sukses terdahulu, seperti Novell Netware. Selain itu, Novell, Inc. juga telah membuat sejumlah akuisisi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk mengakuisisi proyek SUSE Linux. Namun, sejumlah hasil akuisisi ini kurang memberikan hasil yang menggembirakan. Meski menawarkan sejumlah fungsi populer yang menarik, namun hasilnya masih berada di belakang Red Hat.

Elliott Associates sudah memiliki 8,5 persen saham dari perusahaan Novell, Inc., dan telah menawarkan untuk membayar US$ 5,75 per saham yang akan menambahkan sedikitnya di bawah US$1 miliar dalam bentuk tunai. Saham Novell memiliki harga US$4,75 per saham pada 2 Maret 2010, tetapi sejak itu memburuk, dan dipertahankan pada tingkat yang lebih tinggi. Saat ini, saham Novell berkisar pada angka US$ 5,64 per saham.

Sumber : Majalah InfoLinux 05/2010

No comments:

Post a Comment