Saturday, January 02, 2010

Open Source .NET Micro Framework

Beberapa waktu lalu, Microsoft telah mendeklarasikan kalau teknologi .Net Micro Framework buatan, yang akan bersifat open source kepada komunitas open source. Rilis source code bagian NET Micro Framework ini dirilis ke dalam lisensi Apache 2.0. Microsoft juga sedang mengembangkan sebuah website komunitas untuk hal ini, agar anggota yang tertarik dapat turut membantu masa depan pengembangan produk ini.

Meski telah bersifat open source, namun para pengguna tidak akan mendapatkan source code NET Micro Framework secara utuh. Donasi kode open source Microsoft ini akan mengurangi bagian pustaka kriptografi dan TCP/IP. Microsoft tidak memberi kebijakan untuk memberikan source code TCP/IP, karena source code TCP/IP dibuat oleh pihak ketiga yang tidak memungkinkan untuk didistribusikan kepada umum. Microsoft juga tidak menyertakan source code pustaka kriptografi, karena berada di luar jangkauan .Net Micro Framework. Pengguna yang membutuhkan akses source code dalam fungsi kriptografi, dapat memperoleh fungsi yang serupa pada sumber lain.

Microsoft juga telah merangkul komunitas open source untuk mengikuti pengumumannya pada bulan Mei 2009 lalu, yang akan mengubah model bisnis.NET Micro Framework, setelah memberitahukan adanya pengurangan jumlah karyawan sebanyak 3.000 orang. Microsoft juga akan mematikan royalti dari distribusi Framework, dan platform ini akan menjadi proyek yang didukung oleh komunitas. Colin Miler, Program Manager Microsoft, pada blog Microsoft mengatakan bahwa Microsoft akan menyisakan pengembangan .NET Micro Framework yang sedang berjalan secara aktif, untuk dapat dikerjakan secara bersama-sama oleh komunitas.

Sumber : InfoLINUX 01/2010

No comments:

Post a Comment