Saturday, January 02, 2010

Fedora 12 Constantine

Seakan tidak mau kalah dengan sejumlah distro lain yang telah merilis versi terbaru dari distronya, pada 24 November 2009 lalu, tim Fedora Project akhirnya merilis versi terbaru dari distro terbaru Fedora, yakni Fedora 12, yang diberi kode nama Constantine. Rilis terbaru dari distro Fedora ini dibuat dengan berbasiskan Linux Kernel 2.6.31, dan telah menyertikan KDE 4.3 dan GNOME 2.28 sebagai pilihan desktop-nya. Distro terbaru dari Fedora Project ini juga makin meningkatkan dukungan untuk Moblin.

Sejumlah perbaikan bugs dan peningkatan fitur dari sejumlah aplikasi juga sudah disertakan dalam distro ini. Fedora 12 semakin mengotimalkan unjuk kerja paket yang disertakan, dengan mengubah arsitektur kompilasi paket dari i586 menjadi i686. Dukungan untuk perangkat web cam dan audio juga semakin ditingkatkan. Sudah disertakan codec video yang lebih baik, versi terbaru dari Ogg Theora.

Untuk solusi virtualisasi, distro ini menggunakan KVM sebagai basis virtualisasi, dan virt-manager sebagai aplikasi manajemen virtualisasi. Bagi yang ingin menggunakan Fedora 12, dapat segera mendownload file iso-nya dari url http://fedoraproject.org/en/get-fedora.

Sumber : InfoLINUX 01/2010

No comments:

Post a Comment