Saturday, January 02, 2010

Dukungan LPIA Berakhir

Pada 24 November 2009, Steve Kowalik yang mewakili Canonical, menjelaskan bahwa arsitektur LPIA (Low-Power Intel Architecture) tidak lagi didukung oleh Canonical. Dukungan untuk arsitektur LPIA ini berakhir, terhitung sejak rilis Ubuntu 10.04 (Lucid Lynx). Direncanakan dukungan untuk arsitektur LPIA ini masih tersedia hingga rilis Ubuntu 9.10. Salah satu alasan tidak dilanjutkan lagi dukungan LPIA, karena banyak pengguna yang tidak tertarik untuk menggunakan arsitektur LPIA sehingga para pengembang memutuskan untuk menghentikan layanan ini untuk kepentingan bersama.

Canonical telah menambahkan dukungan untuk LPIA sejak beberapa tahun yang lalu, dan pernah digunakan pada proyek Ubuntu Mobile untuk. CPU mobile Intel dengan dukungan untuk lower-power architecture. LPIA hampir sama dengan arsitektur IA32, atau dikenal dengan istilah i386 atau x86, namun tidak sama pada optimisasi waktu kompilasi.

Namun, platform IA32 ini dapat digunakan dengan baik oleh platform LPIA. Canonical tidak merekomendasikan pengguna LPIA untuk memperbarui mesin mereka ke rilis Ubuntu 10.04, karena versi ini masih memiliki banyak keterbatasan.

Sumber : InfoLINUX 01/2010

No comments:

Post a Comment