Monday, February 01, 2010

ClearOS 5.1 Enterprise

ClearOS, nama baru dan penerus dari ClarkConnect yang telah lama dikenal sebagai distro server untuk usaha kecil dan menengah, baru saja merilis ClearOS 5.1 Enterprise yang sudah dapat digunakan oleh publik. ClearOS menyediakan dukungan update selama 18 bulan, sebagaimana lazimnya jadwal dari kebanyakan distro-distro yang ada.

Tidak berbeda jauh dengan ClarkConnect, ClearOS mempertahankan kemudahan mengelola server, dan untuk menjalankannya sama sekali tidak diperlukan keterampilan seorang SysAdmin. Karena itu, ClearOS dapat meminimalisasi kerumitan dan kompleksitas dari sistem operasi Linux, dengan GUI yang mudah dimengerti.

Sistem ini dapat dikelola, tanpa perlu mempelajari mekanisme kerja dari kecanggihan teknologi Linux yang terdapat di dalamnya. Cukup membantu bagi pengguna yang awam dunia system administrator. ClearOS 5.1 menggunakan CentOS 5.4 sebagai basis pembuatan distronya.

Dalam versi ini, sudah disertakan paket Samba 3.4.3, yang memungkinkan untuk berkolaborasi dan bertukar data dengan pengguna Windows 7, dan solusi Groupware dengan menggunakan aplikasi Kolab.

Sumber : InfoLINUX 02/2010

No comments:

Post a Comment