Friday, January 29, 2010

Memperbaiki MRTG

Jika grafik MRTG tidak fruktuatif, sudah bisa ditebak, ada masalah dengan perangkat. Biasanya karena community string tidak sesaui lagi atau salah. Ini terjadi jiga perangkat diganti. Untuk itu perlu dilakukan perbaikan seperlunya.

Langkah-langkah perbaikan yang mungkin bisa dilakukan :
  1. Login ke MRTG Server lalu "su -"
  2. Pindah ke folder /etc/mrtg
  3. Cek Agent "snmpwalk -v 1 -c public 192.168.1.86"
  4. Jalankan "cfgmaker public@192.168.1.86 > /etc/mrtg/lenovo1.cfg"
  5. Edit lenovo1.cfg untuk workdir,
  6. Jalankan "env LANG=C /usr/bin/mrtg /etc/mrtg/lenovo1.cfg" sebanyak 3x
  7. Jalankan "indexmaker --output=/var/www/html/mrtg1/index1.html /etc/mrtg/lenovo1.cfg"
  8. Restart "/etc/rc.d/init.d/snmpd restart"
Ternyata kesalahannya adalah salah menentukan interface yang dipilih. Seharusnya yang dipilih adalah interface ether2, bukannya ether1. Ini terjadi karena ganti perangkat router dari Cisco 28xx ke Mikrotik RB1000. Disamping itu kesalahan terjadi karena salah memasukkan parameter addresss pada SNMP Mikrotik. Seharusnya address SNMP adalah 0.0.0.0/0, bukan IP dirinya sendiri.

Pengubahan pilihan interface dilakukan pada server MRTG pada file /var/www/html/mrtg/index.html. Ganti 172.17.104.58 dengan IP Address dari interface yang benar.

Kesalahan lain adalah nama community string nya masih default, yaitu public. Padahal pada MRTG Server, perangkat dikenal dengan community string yang lain. Untuk merubah community string Mikrotik RB1000, gunakan Winbox.exe. Sebelum mengubah community string, aktifkan SNMP, yaitu klik menu IP - > SNMP -> SNMP Setting -> Enabled = Yes -> Apply. Ubah community string : klik menu IP -> SNMP -> double click baris public -> ganti Name = jakarta, Address = 0.0.0.0/0 dan Read Access = enable -> Apply.

Selengkapnya lihat file konfigurasi MRTG Server dan Client.txt yang ada di flashdisk pada folder Catatan.

No comments:

Post a Comment