Monday, February 01, 2010

Mark Shuttleworth Berhenti Menjabat CEO Canonical

Lima tahun menjabat sebagai CEO (Chief End Officer) Canonical, peusahaan dibalik suksesnya sistem operasi Ubuntu, sepertinya membuat Mark Shuttleworth bosan. Melalui pernyataan yang diberikan melalui blog resminya, Shuttleworth menyatakan bahwa mulai Maret 2010, dirinya tidak lagi menjabat sebagai CEO Canonical. Jabatan CEO Canonical selanjutnya akan diberikan kepada Jane Silber, COO (Chief Operating Officer) dan Director of Online Service Canonical.

Setelah tidak lagi menjabat sebagai CEO Canical, Shuttleworth akan lebih memfokuskan diri ke desain produk Ubuntu. Dalam pengumuman yang diberikan dalam blognya, ia mengungkapkan kalau kecintaan dirinya kepada para pengguna, kemitraan, dan desain produk, merupakan wilayah yang dipikir sangat sempurna untuk dirinya, dan merupakan tempat dimana dirinya dapat membentuk Canonical dan Ubuntu memiliki dampak yang lebih besar terhadap pasar dan perkembangan dunia open source.

Salah satu proyek utama yang sudah mulai dijalankan oleh Shuttleworth adalah mengintegrasikan fitur '' jejaring sosial ke menu utama Ubuntu. Fitur ini akan dimasukkan ke rilis Ubuntu berikutnya, yakni Ubuntu 10.4 yang akan dirilis pada April 2010 nanti.

Sementara Shuttleworth akan terus memainkan peran penting dalam desain dan pengembangan Ubuntu,

Jane Silber tampaknya juga cukup bersemangat dengan jabatan barunya sebagai CEO Cannonical.

Salah satu jabatan yang disandang oleh Jane, sebelum ini adalah sebagai ketua proyek Ubuntu One, dan memberi keyakinan ke berbagai perusahan besar bahwa Ubuntu merupakan sistem operasi yang siap digunakan untuk lingkungan enterprise.

Sumber : InfoLINUX 02/2010

No comments:

Post a Comment