Monday, February 01, 2010

Sun VirtualBox 3.1

Sun Microsystems merilis solusi virtualisasi VirtualBox 3.1 yang menyertakan fitur LiveMigration, dan peningkatan kecepatan. VirtualBox adalah sebuah solusi virtualisasi Desktop yang memungkinkan sebuah komputer virtual ditampilkan dalam sebuah jendela. Cara kerjanya serupa dengan solusi yang ditawarkan VMware dan KVM.

Versi VirtualBox 3.1 merupakan versi dengan peningkatan langkah besar, dan ketimbang versi 3.0. Versi ini telah meng-update dengan menambahkan sejumlah fitur baru seperti "Teleportation", yang memungkinkan pemindahan sesi mesin virtual ke komputer lain. Live-Migration dapat dilaksanakan tanpa pemutusan koneksi jaringan, dan juga bisa dilakukan ke komputer yang memiliki CPU atau sistem operasi yang berbeda dari sistem asalnya.

Menurut situs Sun, kecepatan pada versi terbaru ini telah ditingkatkan berikut penambahan fitur skala perusahan. Status dari mesin virtual bisa diambil dari salah satu rangkaian snapshots, tidak sekedar dari snapshot terakhir, seperti pada versi sebelumnya. Pengguna juga dapat mengambil snapshot baru dari salah satu snapshot yang telah ada.

Sumber : InfoLINUX 02/2010

No comments:

Post a Comment