Monday, February 01, 2010

1000+ Paket di GNUstep 2.0

Gurkan Sengun, pengembang distribusi GNUstep, telah meluncurkan versi GNUstep Live-CD 2.0, berikut lebih dari seribu paket aplikasi yang terkemas di dalamnya. Pengembangan GNUstep Live CD kini telah melampaui usia balita, dan menyertakan software GNUstep sebagai implementasi dari lingkungan pemrograman yang memenuhi spesifikasi OpenStep. Spesifikasi ini juga ditemukan untuk pengembangan di sistem operasi Mac OS X yang dikenal sebagai Cocoa.

GNUstep Live-CD juga menyertakan lingkungan pengembangan software yang memungkinkan Rapid Application Development (RAD) memanfaatkan komponen GORM dan ProjectCenter yang memenuhi persyaratan Apple Software Design Guidelines. Keunggulan GNUstep dalam hal Display PostScript, dan sebagai pengelola jendela (Window-Manager) digunakan WindowMaker.

GNUstep Live-CD mengemas banyak pembaruan terhadap pustaka GNUstep, dan tools pengembangan berjumlah mencapai lebih dari seribu paket software. Seperti sebelumnya, sebagai inti sistem operasi digunakan kernel Linux 2.6.31. Sementara ini, pengembangnya masih merencanakan untuk nantinya beralih ke kernel GNU/Hurd.

Sumber : InfoLINUX 02/2010

No comments:

Post a Comment