Saturday, September 05, 2009

Mata Kuliah Mandiri

Mata Kuliah Mandiri adalah istilah untuk mata kuliah yang adaptif terhdap pengembangan softskill. Diharapkan mahasiswa peserta mata kuliah ini mampu mengembangkan diri sendiri dan mandiri. Mahasiswa hanya perlu tatap muka sebulan sekali. Selebihnya mengerjakan tugas secara online. Tidak ada UTS (Ujian Tengah Semester) dan UAS (Ujian Akhir Semester). Penilaian dilakukan dengan melihat portofolio mahasiswa. Jika saja mahasiswa tersebut mampu menggapai prestasi yang luar biasa di luar kampus, maka nilai "A" sudah di tangan. Prestasi luar biasa tersebut misalnya memenangkan PKM (Program Kreatif Mahasiswa), membuat tulisan yang dimuat di media nasional.

Inti dari Mata Kuliah Mandiri adalah inisiatif. Inisiatif untuk menulis di blog, mengerjakan tugas, mengikuti kegiatan ilmiah di luar kelas seperti seminar/kursus/workshop, keikutsertaan dalam Program Kreativitas Mahasiswa, dan aktif ikut kegiatan kemahasiswaan. Namun di sisi dosen pengampu, yang perlu diperhatikan hanyalah 2 aspek, yaitu tulisan di blog dan pengerjaan tugas. Tulisan di blog tidak hanya jumlah tulisannya, namun juga mutu tulisan. Mutu terkait dengan penghargaan terhadap Hak atas Kekayaan Intelektual (HKI), misal tidak melakukan pencontekan, mencantumkan sumber di setiap akhir paragraf (bila perlu) dan menjunjung tinggi etika ilmiah. Kedua aspek di atas dapat dilihat di situs Student Portofolio atau Student Site.

Mahasiswa diharapkan dengan sangat untuk mengamati kehidupan sosial kemasyarakatan di luar kampus. Ini akan bisa menjadi sumber tulisan di blog yang tidak pernah ada habisnya. Tulisan tersebut akan lebih berbobot jika ditopang oleh literatur yang sahih, jadi bukan opini pribadi belaka. Penggunaan literatur yang tidak sahih (valid) hanya akan mematahkan isi tulisan tersebut.

Mahasiswa yang tidak memiliki atau tidak mengisi tulisan di blog-nya, dijamin tidak akan lulus. Blog tersebut bisa di dalam sistem komputer universitas, bisa juga menggunakan blog publik, seperti blogspot.com atau worldpress.com.

Pada tahap awal, mata kuliah yang dijadikan mata kuliah mandiri antara lain : ...... (menyusul). Pada dasarnya ada satu mata kuliah pada setiap semester di setiap kelas yang dijadikan Mata Kuliah Mandiri.

No comments:

Post a Comment