Wednesday, September 02, 2009

Google Buka Kode Wave

Konferensi pengembang I/O Google memperkenalkan Google Wave, yang merupakan sebuah platforrn web keturunan campuran e-mail dengan IM dan berbagi dokumen, dan menyajikan sebuah kemampuan utama mendekati interaksi real time. Google berencana untuk membuat open source kode client dan server dasar protokol komunikasi platform berdasarkan standar XMPP.

Pada blog resmi pengembang Google Wave, Google mengambil langkah pertama untuk memenuhi janjinya, dan membuka kode Operational Transform (OT) yang ada di platform sebagai prototgpe client/server sederhana yang berbasiskan protokol Wave.

Kemampuan real time Wave bersumber dari kode OT Google. Berdasarkan arsitektur transformasi operasional yang diperkenalkan oleh Jupiter Collaboration System yang dibuat pada Xerox PARC, cara kerjanya adalah dengan mengambil semua konten yang terdapat pada server. Klien dapat mengubah konten tanpa mengirim sebuah operasi saat kali pertama terhubung ke server.

Jochen Bekmann dan Sam Thorogood, pengembang Wave mengatakan kalau kode OT merupakan jiwa dari kolaborasi pada Google Wave, dan mereka merencanakan kode tersebut akan berkembang ke rekomendasi implementasi kualitas produksi.

Sumber : Majalah InfoLINUX 09/2009

No comments:

Post a Comment