Tuesday, June 01, 2010

Mozilla Jetpack SDK 0.3

Pada 29 April 2010, pengembang dari Mozilla Labs telah mengumumkan rilis dari Jetpack Software Development Kit (SDK) versi 0.3. Jetpack SDK mempermudah para pengguna yang terbiasa dengan HTML, CSS, dan JavaScript untuk membuat Add-ons Firefox, atau yang dikenal dengan istilah extensions.

Rilis Jetpack SDK 0.3 telah memiliki fitur dua buah API tingkat tinggi, yakni "context-menu" dan "self" API. Context-menu API mengizinkan Add-on untuk menambahkan item ke context-menu untuk halaman web, dan menyediakan pengguna sejumlah opsi tambahan ketika mengklik konteks yang terdapat di elemen halaman web, seperti link atau gambar. Sedangkan dengan self API, pengguna dapat memberikan akses sumber daya kepada Add-on, seperti halaman web dan gambar, yang disertakan dalam paket Add-on. Seperti misalnya sebuah Add-on yang meliputi icon untuk ditampilkan pada status bar web browser.

Untuk proses instalasi, Jetpack SDK 0.3 membutuhkan Python 2.5 atau lebih dan Firefox 3.6. Informasi lebih detail mengenai Jetpack SDK 0.3 dapat Anda peroleh pada url https://jetpack.mozillalabs.com/sdk/0.3/docs/.

Sumber : InfoLINUX 06/2006

No comments:

Post a Comment