Tuesday, June 01, 2010

HP Akuisisi Palm Senilai USS1,2 Miliar

Proses akuisisi dengan nilai yang besar kembali terjadi di dunia TI. Pada 28 April 2010 lalu, HP telah memberi pengumuman kalau pihaknya telah mengakuisisi Palm dengan nilai akuisisi sebesar US$ 1,2 miliar. Seperti yang tertulis pada pengumuman resmi yang diberitakan oleh kedua pihak, Palm menyetujui HP membeli saham Palm sebesar US$5,70 per share, yang totalnya mencapai US$1,2 miliar.
Banyak yang memprediksi, kalau kombinasi skala tingkat dunia dan aspek keuangan yang kuat dari HP, dengan platform webOS terbaik yang dimiliki oleh Palm, akan meningkatkan kemampuan HP untuk dapat berkompetisi lebih agresif dan berkembang lebih cepat, memiliki produk smartphone yang memiliki tingkat keuntungan lebih tinggi, dan dapat lebih terhubung ke pasaran perangkat mobile. Palm webOS yang dimiliki oleh Palm, diharapkan juga dapat memberi keuntungan lebih ke HP, dimana sistem operasi ini memiliki fitur multitasking sebenarnya, dan dapat selalu berbagi informasi seputar aplikasi terkini.

Todd Bradley, Executive Vice President, Personal Systems Group, HP, memberi keterangan kalau sistem operasi inovatif dari Palm dapat menyediakan platform yang ideal untuk memperluas strategi produk mobile buatan HP, dan dapat menciptakan pengalaman unik HP yang mencakup penggunaan perangkat mobile yang terhubung. Palm memiliki aset IP dan tim dengan skill yang tinggi. Pasar smartphone merupakan pasar yang luas, menguntungkan, dan dapat berkembang cepat sehingga HP dapat menyediakan perangkat terintegrasi dan menyectiakan layanan berbagi yang lebih tinggi.

Proses akuisisi Palm juga meliputi 1500 paten Palm, yang sudah disusun dari tahun 1996 pada saat rilis Palm Pilot, melalui rilis telepon mobile Treo, dan terns hingga generasi terkini dari Palm Pre, dan perangkat mobile Internet Pixi.

Sumber : InfoLINUX 06/2006

No comments:

Post a Comment