Tuesday, June 01, 2010

Facebook Rilis Flashcache

Pada 27 April 2010 lalu, Facebook telah merilis modul kernel bernama Flashcache yang dapat digunakan untuk meningkatkan kecepatan akses ke database MySQL, dengan cara membuat cache data di media penyimpanan SSD (Solid State Drive).

Ide dasar dirilisnya Flashcache, berawal dari pertanyaan yang diajukan oleh para peserta konferensi MySQL kepada tim Facebook. Para peserta ingin mengetahui teknologi apa yang diadopsi Facebook dalam mengadopsi MySQL sebagai server database-nya. Karena itulah Facebook merilis Flashcache ke publik.

Flashcache dapat membantu Facebook dalam penggunaan database InnoDB/MySQL dalam skala besar. Flashcache memiliki desain sebagai modul cache umum yang dapat digunakan oleh banyak aplikasi yang berjalan di atas block device.

Untuk InnoDB, saat kumpulan proses tidak cocok berjalan di dalam buffer InnoDB, read latency dapat meningkat secara signifikan karena cache dari kumpulan proses dapat diproses lebih cepat pada media SSD. Flashcache meningkatkan kinerja waktu penulisan cache pertama ke dalam SSD. Flashcache kini dapat di-download pada url http://www.github.comlfacebook/flashcache.

Sumber : InfoLINUX 06/2006

No comments:

Post a Comment