Tuesday, June 01, 2010

Artikel pada Majalah InfoLINUX edisi 06/2010

Dalam edisi Juni 2010, majalah bulanan InfoLINUX menulis berbagai tutorial bagi pengguna Linux dan Open Source Software. Artikel dalam majalah InfoLINUX selalu menarik bagi saya dan bagi tempat kerja saya. Dalam edisi kali ini, artikel yang bisa dinikmati adalah
  1. Video Keamanan CCTV dengan ZoneMinder. Semakin maraknya kejahatan, membuat Anda harus berhati-hati. Salah satunya adalah menggunakan CCTV dengan paket perangkat lunak ZoneMinder.
  2. GlusterFS, File Server Terdistribusi. Ini diperlukan bagi yang ingin mem-backup dan menyimpan file ke beberapa server. Ini adalah sebuah alternatif, disamping ada cara lain seperti menambah perangkat keras, dan membuat RAID.
  3. Setting Ubuntu 10.04 sebagai Router dan Proxy Server. Internet sudah menjadi kebutuhan primer di lingkungan perusahaan. Biasanya satu koneksi Internet yang dimiliki oleh perusahaan, dibagi ke semua client yang terdapat dalam jaringan tersebut. Untuk melakukan hal ini, Anda dapat menggunakan distro Ubuntu 10.04 Server.
  4. Kalender dengan berbagai gaya. Meskipun sudah tersedia kalender di meja kerja atau pada sistem operasi Anda, namun membuat kalender sendiri merupakan sesuatu yang menyenangkan. Pada tulisan ini, kita akan sama-sama membuat kalender, mulai dari kalender teks hingga kalender HTML (+CSS).
  5. Tip dan trik Ubuntuu 10.04 Desktop. Ubuntu 10.04 LTS dengan kode nama Lucid Lynx telah hadir. Jika pengguna setai Ubuntu, dapat dipastikan Anda juga memiliki rencana untuk segera beralih ke evrsi terbaru dari distro ini. Berikut sejumlah tip dan trik yang dapat Anda terapkan, setelah selesai menginstalasi Ubuntu 10.04 LTS.
  6. Arsip Self-Extract dengan Makeself. Dengan menggunakan makeself, kita dapat membangun arsip self-extract dengan mudah dan cepat. Setelah arsip terekstrak, kita dapat menjalankan script khusus. Aplikasi Makeself juga sangat cocok digunakan untuk membangun installer aplikasi.
  7. Workshop OpenOffice.org : uji isi sel dan tampilkan formula; fungsi LEFT(), RIGHT(), dam MID(); bekerja dengan fungsi OFFSET(); nilai acak dengan RAND() dan RANDBETWEEN()
  8. Workshop programming dengan python : tangani/abaikan SIGINT; tangani penekanan Control-C; rata kiri, kanan, dan tengah untuk string; stdout tanpa buffer
  9. Workshop distro Ubuntu 10.04 : membagi akses Internet melalui wireless. Workshop ini melengkapi workshop edisi 05/2010 tentang jaringan wireless tanpa access point dengan sistem Ad-hos. Setelah dua komputer terhubung secara wireless, kita dapat membagi akses Internet komputer yang satu untuk komputer yang lain.
Beberapa fitur ZoneMinder :
  • Dapat berjalan pada distribusi GNU/Linux apapun
  • Mendukung banyak jenis video, USB, dan kamera jaringan
  • Monitoring, mengambil gambar, melakukan pendeteksian gerak
  • Mendukung live video streaming
  • Lainnya dapat dilihat di http://www.zoneminder.com/documentation.html

No comments:

Post a Comment