Thursday, April 01, 2010

MonoDevelop Dukung MeeGo

Miguel de Icaza, developer utama pengembangan Mono di Novell, telah memberi sebuah posting ke sebuah blog di http://tirania.org, yang memberikan indikasi kalau MonoDevelop, tool pengembangan open source .NET, akan mendukung pengembangan aplikasi-aplikasi MeeGo. MeeGo, merupakan sebuah proyek untuk menggabungkan platform mobile Moblin dan Maemo. Proyek MeeGo dirilis pada acara Mobile World Congress (MWC) yang berlangsung di Barcelona, Spanyol.

MeeGo ditujukan untuk high-end mobile computer. Hampir sama dengan Maemo, MeeGo menggunakan GUI Qt, dan beragam aplikasi yang terdapat pada platform baru ini, juga akan dijual pada jaringan Nokia's Ovi Store. Menurut Nokia, pada tahun 2011, 20% dari semua perangkat Nokia akan menjalankan platform MeeGo.

Sebelum mendukung MeeGo, Novell juga telah terjun di dunia mobile, ketika Novell mengenalkan MonoTouch, software untuk pengembangan aplikasi berbasis NET untuk Apple iPhone. Posting-an lain de Icaza yang terdapat pada situs Blog yang sama, juga menyatakan kalau para pengembang Mono juga bekerja pada versi Mono untuk sistem operasi Google Android, yang bernama MonoDroid.

Sumber : Majalah InfoLinux 04/2010

No comments:

Post a Comment