Thursday, April 01, 2010

Kerja Sama Hak Paten Microsoft dan Amazon

Pada 22 Februari 2010, Microsoft Corp., telah mengumumkan penandatanganan penggunaan hak paten bersama Amazon.com Inc. Persetujuan ini meliputi akses bagi kedua perusahaan untuk menggunakan produk paten, dan menjangkau lebih luas penggunaan produk dan teknologi, termasuk produk Amazon: e-reading, Kindle, yang berbasis open source, dan komponen peranti lunak Amazon, serta menggunakan server Amazon berbasis Linux. Microsoft tidak menyebutkan berapa lama kerja sama ini. Namun, Microsoft mengindikasikan kalau Amazon akan membayar mereka sejumlah uang yang tak disebutkan dari kerja sama ini.

Horacio Gutierrez, Corporate Vice President and Deputy General Counsel for Intellectual Property and Licensing Microsoft, menyatakan kalau Microsoft sangat bahagia dapat membuat kesepakatan penggunaan hak paten bersama Amazon. Hak paten Microsoft merupakan industri peranti lunak terbesar dan terkuat, dan persetujuan ini menunjukan penghargaan HaKI sebagaimana kemampuan Microsoft mengapai solusi pragmatis untuk masalah HaKI, berdasarkan keterlibatan peranti lunak resmi atau open source.

Kerja sama hak paten ini merupakan contoh lain dari cara penting menggunakan HaKI dalam ekosistem TI yang sehat dan semangat. Sejak Microsoft meluncurkan program paten HaKI pada Desember 2003, perusahaan ini telah masuk ke lebih dari 600 perjanjian pematenan, dan melanjutkan pembuatan program yang dibuat sebisa mungkin untuk konsumen, rekan, dan kompetitor untuk mengakses portofolio HaKI.

Dalam setahun terakhir, Microsoft telah masuk ke kesepakatan sejenis dengan perusahaan lain, termasuk Apple Inc., HP, LG Electronics, Nikon Corp., Novell Inc., Hoya Corp. PENTAX Imaging Systems Division, Pioneer Corp., Samsung Electronics Co. Ltd, dan Fuji Xerox Co. Ltd.

Sumber : Majalah InfoLinux 04/2010

No comments:

Post a Comment