Thursday, April 01, 2010

Kerja Sama Novell & Citrix

Novell dan Citrix, telah mengumumkan kalau mereka telah melakukan kerja sama untuk meningkatkan interopabilitas di bidang virtualisasi. Dengan kerja sama baru ini, Novell telah memberikan sertifikasi ke SUSE Linux Enterprise Server (SLES) sebagai "Guest OS Sempurna" yang dapat berjalan di Citrix XenServer.

Menurut Novell, dalam kerja sama ini, lebih dari 4.500 aplikasi Enterprise yang telah mendapat sertifikasi Novell Ready untuk SLES, kini juga siap untuk mendapatkan sertifikasi Citrix Ready, yang akan diverifikasi ketika menjalankan SLES guest virtual machine (VM) di XenServer.

Kedua perusahaan juga akan menyediakan dukungan teknis dan layanan konsumen untuk SLES yang berjalan di XenServer. Sebagai tambahan, Citrix juga akan berpatisipasi dalam program penilaian yang diadakan oleh Novell, yakni Novell PlateSpin Recon.

Sebagai informasi. Xen merupakan mesin virtual yang ditujukan untuk platform x86, x86-64, Itanium, dan PowerPC. Xen dapat menjalankan beberapa Guest OS untuk dapat berjalan pada sebuah hardware secara bersamaan. Pada tahun 2003, XenSource, Inc., diakuisi oleh Citrix System.

Sumber : Majalah InfoLinux 04/2010

No comments:

Post a Comment