Thursday, April 01, 2010

Masa Depan OpenSolaris

Setelah sempat muncul isu kalau proyek OpenSolaris tidak akan bersifat terbuka lagi setelah Sun Microsystem diakuisi oleh Oracle, Dan Roberts, eksekutif Oracle, membuat pernyataan tentang masa depan OpenSolaris yang disampaikan pada pertemuan tahunan OpenSolaris.

Pernyataan yang tersedia sebagai log rapat, yang dipimpin oleh Peter Tribble, telah mengungkapkan keprihatinan pada kurangnya komunikasi, sehingga membuat kesimpulan bahwa kematian dari project OpenSolaris terlalu dilebih-lebihkan.

Dalam pernyataan yang diberikan, Roberts menvatakan kalau Oracle akan terus membuat OpenSolaris tersedia sebagai open source, dan Oracle akan terus secara aktif berpatisipasi dalam masyarakat. Hal ini memiliki arti kalau Oracle akan terus melanjutkan rilis OpenSolaris, termasuk rilis OpenSolaris 2010.03 beberapa bulan mendatang.

Pada sesi tanya jawab, seorang peserta bertanya, apakah Oracle akan meneruskan teknologi pengembangan berbasis terbuka? Roberts menjawab, kalau pada beberapa hal Oracle memilih untuk tidak maju bersama open source, sama halnya seperti mengelola project MySQL yang tidak open source di beberapa bagian.

Sumber : Majalah InfoLinux 04/2010

No comments:

Post a Comment