Wednesday, December 02, 2009

Promosi dari U.S. Department of Defense

Memo terbuka dari Departemen Pertahanan AS (DoD), menyatakan bahwa perangkat lunak open source tidak lebih buruk daripada perangkat lunak komersial. Dari memo yang ditulis oleh David M. Wennegren, DoD Chief Information Officer, Departemen Pertahanan AS, perlu mengambil langkah lebih cepat pada peningkatan perawatan dan pemeliharaan infrastruktur perangkat lunak, dimana open source dapat memberi keuntungan lebih.

Dalam memo tersebut, Wennegren merekomendasikan untuk mengambil yang terbaik dari open source software untuk menentukan produk-produk pasar terbaik mana yang dapat diambil untuk menyelesaikan permasalahan.

Wennegren menyatakan kasusnya, dengan tujuh argumen untuk open source, yakni: (1) Banyaknya ulasan yang dapat memberikan kestabilan dan keandalan; (2) adaptasi terhadap perubahan kondisi; (3) kemerdekaan dari ketergantungan pengembang tunggal; (4) tidak dibatasi perizinan; (5) biaya pertumbuhan mitigasi; (6) berbagi peluang pemeliharaan; (7) dapat membuat percobaan dan prototipe yang lebih cepat.

Sumber : Majalah bulanan InfoLinux 12/2009

No comments:

Post a Comment