Sunday, October 18, 2009

Mengosongkan Trash di IGOS Nusantara 3

Kadang kala kita ingin mengosongkan direktori atau folder Trash atau Tong Sampah di IGOS Nusantara 3 atau distro linux lainnya. Namun terkendala dengan ada satu atau beberapa file atau folder yang gak bisa dihapus. Bisa jadi folder atau file tersebut memiliki attribute yang gak memungkinkan untuk dihapus, misal Read dan eXecute atau 555.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengenali dimana direktori atau folder Trash atau "Tong Sampah" berada. Setelah dicari dengan MC (Midnite Commander) menu Find, ditemukan lokasinya, yaitu di folder /home/nama_anda/.local/share/Trash/files/. Variabel nama_anda sesuai dengan account anda di komputer anda.

Selanjutnya adalah mengubah attribute seluruh isi folder ../files/ tersebut menjadi 777 atau bisa di Read, Write dan eXecute. Jika kita ingin mengubah attribute sebuah folder temp (hanya misal) beserta isinya , dimana folder temp ini berada di bawah folder ../files/, maka perintah baris yang bisa dilakukan adalah :

Pindah ke folder /home/msmunir/.local/share/Trash/files/ :
[msmunir@lenovo ~]$ cd .local/share/Trash/files/

Lihat isi folder :
[msmunir@lenovo files]$ ls -l
total 4
dr-xr-xr-x 2 msmunir msmunir 4096 2009-10-18 07:15 temp
[msmunir@lenovo files]$

Ubah attribute folder temp ke 777 agar bisa dihapus:
[msmunir@lenovo files]$ chmod 777 -R temp/

Lihat attributenya, apakah sudah berubah :
[msmunir@lenovo files]$ ls -l
total 4
drwxrwxrwx 2 msmunir msmunir 4096 2009-10-18 07:15 temp
[msmunir@lenovo files]$

Sekarang tinggal mengosongkan isi Trash, bisa dari Desktop bisa juga dengan bantuan MC. Atau bisa juga dengan perintah baris "rm".
[msmunir@lenovo files]$ rm -R temp/

Semoga berguna.

No comments:

Post a Comment