Monday, October 19, 2009

Landscape Dedicated Server

Pada keterangan pers yang dirilis tanggal 4 Agustus 2009, Canonical memberitakan kalau versi standalone dari Landscape system monitoring and management service, yakni Landscape Dedicated Server Edition, akan tersedia di penjualan pada bulan September 2009. Versi standalone dari Landscape ini menawarkan kemudahan bagi para penggunanya untuk menginstalasi secara lokal, dan memperoleh kontrol penuh terhadap sistem Ubuntu.

Sebagai salah satu fitur yang banyak diminta, Canonical langsung memodifikasi edisi hosting dari Landscape untuk dapat dioperasikan secara lokal. Landscape Dedicated Server Edition juga menyertakan semua fitur utama yang terdapat pada versi aslinya, seperti audit, manajemen, dan monitoring.

Ken Drachnik, Landscape manager di Canonical, menjelaskan kalau system administrator merupakan tipe pekerjaan yang paling sibuk. Landscape dapat mengurangi kesalahan yang terkait dengan proses update secara rutin dengan meng-otomatiskan proses manajemen Ubuntu sehingga memberikan waktu lebih bagi para system administrator untuk mengerjakan tugas lain yang lebih penting.

Saat dirilis pada September 2009, Landscape Dedicated Server Edition akan menyertakan sejumlah fitur seperti pengelolaan cloud, baik fisik maupun sistem pada satu konsol (untuk desktop, server, dan sesi Amazon EC2 Cliud), kemampuan untuk menjadwalkan pembaharuan perangkat lunak sistem dan restart, terutama jika penggunaan jaringan rendah, dan administrasi delegasi.

Aidan Carty dari HEAnet's Information Security, memberikan komentar kalau Landscape Server telah memberikan penghematan waktu dan uang yang sangat signifikan dalam mengotomatisasi banyak tugas-tugas pemeliharaan rutin server Ubuntu yang mereka kelola, seperti patch dan update paket.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 10/2009

No comments:

Post a Comment