Monday, October 19, 2009

Net-GPIB di Laboratorium Neutron

Selama ini data gathering untuk salah satu instumen di Laboratorium Neutron menggunakan perangkat modular dari Labo. Pada modul Labo 19 Inch, sudah dilengkapi Motherboard dan Card GPIB (General Purpose Interface Bus atau IEEE-488 interface bus). Namun karena satu dan lain hal, perlu diupayakan untuk membuat semacam modul ini namun menggunakan PC. Untuk itu PC perlu dilengkapi NIC dan Card GPIB. NIC pada modul Labo menggunakan RTLink 8019, sedangkan PC menggunakan RTLink 8139. Selanjutnya PC ini disebut PC1 saja untuk mudahnya.

Pada modul Labo ada masalah saat menjalankan autoexec.bat, modul selalu reboot. Isi file Autoexec.bat adalah :
@echo off
SET TEMP=C:\
SET PCTCP=PCTCP.INI
pnppd.com
ethdrv -e
nt2400 0 0

Modul Labo selalu reboot saat menjalankan baris "ethdrv -e".

File autoexec.bat ini dicoba dijalankan juga pada PC1, dimana PC1 di-boot dari disket 5,25 inch. Karena PC1 menggunakan RTLink 8139, bukan RTLink 8019, maka baris "pnppd.com" diganti dengan "rtspkt.com". Tampaknya di layar monitor PC1 tidak ada pesan kesalahan saat menjalankan baris "ethdrv -e". Namun di PING dari PC lain belum bisa (selanjutnya disebut PC2). Setelah beberapa kali dicoba, akhirnya PING bisa dilakukan dari PC2. Alhamdulillah.

Langkah selanjutnya adalah menjalankan baris "nt2400 0 0". Tampaknya ada masalah. Untuk itu dipastikan dulu, jangan-jangan file yang di disket korup. Selanjutnya dicoba kembali untuk menyalin file "nt2400" dari modul Labo lalu dijalankan di modul Labo terlebih dahulu hingga tidak ada pesan kesalahan. Setelah dicoba beberapa kali, akhirnya file "nt2400" dapat dijalankan melalui disket di modul Labo tanpa ada kesalahan.

Disket dipindah ke PC1 dan coba diulangi lagi proses menjalankan file "autoexec.bat". Tampaknya semua berjalan dengan lancar. Sekarang melalui PC2 lagi, dicoba menjalankan aplikasi untuk mengendalikan perangkat instrumen. Perlu diketahui bahwa PC1 atau modul Labo hanyalah jembatan antara PC2 dengan perangkat instrumen. Bisa jadi komunikasi antara PC2 dengan instrumen tidak dapat dilakukan karena perbedaan dalam format data.

Akan dicari jalan keluar untuk mengatasi masalah NIC pada modul Labo. Akan dicari NIC dengan slot ISA yang setara dengan RTLink 8019. Langkah pertama, mencari vendor dan tipe NIC yang setara dengan RTLink 8019. Langkah selanjutnya, mencari NIC tersebut baik di stok maupun di PC yang masih jalan. Setelah dilacak dengan Google, RTLink 8019 adalah NE2000. Mudah-mudahan NIC jenis ini masih ada.

Hal lain yang perlu diketahui :
  1. OS modul Labo adalah PC DOS 7.
  2. OS PC1 adalah MSDOS 3.
  3. Untuk unload rtspkt.com, gunakan perintah baris "rtspkt -u".
  4. Untuk install rtspkt.com, gunakan perintah baris "rtspkt -i 0x60".
  5. IP yang didapat PC1 adalah 192.9.200.38. Ini sesuai isi file PCTCP.INI

Lihat juga :
http://commons.wikimedia.org/wiki/

No comments:

Post a Comment