Monday, October 19, 2009

Tuxera dan Driver exFAT

Belum lama ini, Tuxera telah mengumumkan sebuah kerja sama dengan Microsoft. Tuxera, perusahaan yang dibentuk oleh para pengembang NTFS-3G, telah menandatangani perjanjian kekayaan intelektual dengan Microsoft, dan bergabung dengan exFAT Programme. Sebagai pengembang software bebas pertama yang bergabung dalam exFAT Programme, maka Tuxera dapat memperoleh izin untuk menawarkan driver exFAT.

Szalobes Szakacsits, Tuxera's CTO, menjelaskan kalau Tuxera melihat ke depan untuk bekerja sama dengan pelanggan OEM. Driver exFAT ditujukan untuk produsen OEM, dan akan tersedia pertama untuk Linux. Namun belum dijelaskan apakah ada rencana untuk menjadikan exFAT sebagai open source.

exFAT adalah file system propriety yang dibuat oleh Microsoft, pengganti file system FAT dan FAT32 untuk flash memory drive. Dukungan untuk exFAT juga telah ditambahkan ke Windows dan Windows Vista SP1, dan telah terpilih sebagai standar file system oleh SD Card Association's, SDXC cards. Saat ini, Tuxera sudah dapat mengakses spesifikasi exFAT, implementasi ke source code buatan Mirosoft, dan dapat mengakses ke perangkat pengujian dan verifikasi.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 10/2009

No comments:

Post a Comment