Friday, October 16, 2009

Kebon Botani PUSPIPTEK Serpong

Lahan PUSPIPTEK Serpong awalnya merupakan area perkebunan karet dan pemukiman penduduk, serta lahan BATAN seluas 142,5 Ha yang dipersiapkan untuk pembangunan Reaktor Nuklir (riset) pada tahun 1964. Ketika penduduk meninggalkan lahan pemukiman, tidak ada sebatang pohon pun yang tersisa. Untuk mengatasi lahan yang kering kerontang tersebut, pada tahun 1978, Kementrian Negara Riset dan Teknologi menugaskan Lembaga Biologi Nasional LIPI untuk melaksanakan kegiatan penghijauan.

Agar lahan segera tertutup oleh tumbuhan, kegiatan penghijauan dilakukan denagn memprioritaskan penanaman pohon-pohon jenis cepat tumbuh, seperti akasia (Acasia auriculiformis) dan jeungjin (Albizia falcataria). Namun, kegiatan penghijauan segera terhenti pada tahun 1979.

Pada tahun 1982, terinspirasi oleh keindahan Kebon Raya Bogor yang dikelola oleh Lembaga Biologi Nasional-LIPI, Menteri Negara Riset dan Teknologi kembali menugaskan lembaga tersebut untuk menghijaukan kawasan PUSPIPTEK Serpong. Surat Keputusan Menteri Negara Ristek pada Januari 1983 untuk mengembangkan kawasan hijau PUSPIPTEK Serpong menjadi kawasan Kebun Botani diterima oleh Lembaga Biologi Nasional-LIPI (Sejak tahun 2000, Lembaga Biologi Nasional-LIPI berganti nama menjadi Pusat Penelitian Biologi atau P2 Biologi-LIPI). Untuk pengembangan kebun ini, LIPI melalui Pusat Penelitian Bioteknologi, (P2 Bioteknologi) menempatkan sejumlah pegawainya di PUSPIPTEK.

Selain Kebon Botani di PUSPIPTEK Serpong, LIPI juga mengelola kebon raya di Bogor, Cibodas, Purwodadi dan Bedugul (Bali). Di kebun botani PUSPIPTEK akan anda temukan berbagai pohon, misal Damar, Kleco, Rotan, Kemiri Cina, Duku (Lansium Domesticum), Nibung (Oncosperma tigillarium), Kedaung (Parkia Javanica). Ada sebuah pohon yang mirip dengan nama kecamatan di sisi selatan kebun ini, yaitu pohon sindur (Sindora cochinchinensis). Sisi selatan kebun ini masuk Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Sementara kebun botani PUSPIPTEK masuk Kecamatan Setu (d/h Kec. Serpong), Kabupaten Tangerang Selatan (d/h Kab. Tangerang).

Lihat juga :
Pusat Penelitian Biologi - LIPI
Pusat Penelitian Bioteknologi - LIPI
Kebon Botani (Propinsi) PUSPIPTEK
Kebon Raya Bali


No comments:

Post a Comment