Sunday, October 11, 2009

Pembagian Tugas di Bidang Sistem dan Jaringan Komputer

Agar para pengguna layanan dan jasa jaringan komputer dan Internet mudah mendapatkan layanan,gangguan, sebaiknya memperhatikan mekanisme yang ada di Bidang Sistem dan Jaringan Komputer (SJK). Dengan mengetahui ini, permintaan layanan diharapkan akan tepat sasaran. Jadi tidak merasa diping-pong atau tidak dilayani.

Layanan-layanan yang biasa diberikan oleh Bidang Sistem dan Jaringan Komputer (SJK) adalah :
  1. Koneksi via wired (kabel), termasuk kabel UTP, kabel serat optik.
  2. Koneksi via wireless (tanpa kabel), termasuk didalamnya pengaturan ijin dan account untuk mengakses Hot Spot.
  3. Penggantian perangkat aktif jaringan yang rusak, misal ethernet switch, wireless access point, router, server, kabel, anti petir, transceiver. Entah IP Phone ?
  4. Informasi status jaringan komputer, seperti LAN gedung, CAN kawasan, WAN antar kawasan, Internet, Wireless Access Point.
  5. E-mail kedinasan, termasuk didalamnya pembuatan account e-mail, penggantian password, kuota mailbox, spam, keamanan e-mail, webmail.
  6. Milis kedinasan, termasuk pembuatan milis, penambahan anggota, penghapusan anggota, pengubahan moderator.
  7. Repositori, termasuk didalamnya penyimpanan file-file untuk keperluan banyak orang, baik yang bersifat public, restricted, maupun classified.
  8. Monitoring status server-server kedinasan, termasuk Digilib, NHC, NMS, Repository, CCTV, proxy, database.
  9. Monitoring pengguna Internet.
  10. Website kedinasan, termasuk didalamnya manajemen running text, berita, artikel, menu utama, FAQ, video, website satker, website keperluan khusus, keamanan website.
  11. Pembuatan video kegiatan dalam format FLV.
  12. Monitoring isi webserver kedinasan, termasuk Digilib, NHC.
  13. Help desk IGOS Nusantara.
  14. Pemblokiran situs, orang, komputer, perangkat, jaringan di suatu lantai, jaringan di suatu gedung, jaringan di suatu kawasan
Kesemua layanan ini sudah dibagi ke dalam 3 sub bidang, yaitu :
  1. Sub Bidang Komunikasi Data, pada dasarnya melayani koneksi, penggantian alat, informasi status jaringan. Kontak : Pak Rahmat Saleh, rakhmats@batan.go.id.
  2. Sub Bidang Sistem Komputer, pada dasarnya melayani e-mail, milis, repositori, monitoring status server-server. monitoring pengguna. Kontak : Pak Sulasno, sulasno@batan.go.id.
  3. Sub Bidang Pengelolaan Website dan Multimedia, pada dasarnya melayani website, monitoring isi webserver kedinasan, pembuatan video. Kontak : Pak Suratman, suratman@batan.go.id.
Dengan memahami pembagian tugas di atas, diharapkan para pengguna layanan dan jasa jaringan komputer akan bisa menghubungi orang yang tepat sesuai dengan layanan yang ingin didapatkan. Namun jika mengalami kesulitan untuk mediagnose masalah yang dihadapi, dapat mengontak Muh. Sirojul Munir, msmunir@batan.go.id atau SMS ke 0813-8503-0748 (kalau pas aktif, he he he).

Untuk memudahkan pemberian layanan, sebaiknya pengguna juga mengetahui apa yang disebut dengan self diagnostic. Self Diagnostic adalah kemampuan untuk mengenali masalah yang sedang dihadapi. Dengan dikuasainya self diagnostic, maka akan sangat membantu Bidang SJK dalam membantu pengguna karena keterbatasan personil yang dimiliki. Self diagnostic yang perlu diketahui atau dikuasai antara lain :
  1. Mengetahui IP Address komputer kita, komputer sebelah kanan, kita komputer sebelah kiri kita, dan Gateway. Ini seperti menegtahui nomor telpon para tetangga kita untuk memastika bahwa hanya telpon kita yang bermasalah.
  2. Penggunaan perintah ping.
  3. Penggunaan perintah ipconfig (untuk Windows) atau ifconfig (untuk Linux).
  4. Penggunaan perintah tracert (untuk Windows) atau traceroute (untuk Linux).
Tugas Pengecekan (Rutin):
  1. Server-server (Proxy, Web, SIPL, NHC, Digilib, Repo, FTP, NMS) : Sub Bidang Sistem Komputer
  2. Isi Website BATAN, Website Satker, NHC, Digilib : Sub Bidang Pengelolaan Website dan Multimedia
  3. Traffic VLAN di setiap kawasan, termasuk Wireless Access Point : Sub Bidang Komunikasi Data
  4. Traffic Internet di 3 kawasan : Tim. Print MRTG setiap Senin Pagi.
Tugas Petugas :
  1. Segera laporkan bila menemukan kegagalan sub sistem.
  2. Siap melaporkan jika diminta laporan.
  3. Upayakan aplikasi berbasis web untuk memantau status secara real time
  4. Buat sistem peringatan dini menggunakan indikator yang mudah dilihat mata, misal lampu berkedip jika ada kegagalan sub sistem.

Akronim :
CAN = Campus Area Network
CCTV = Close Circuit Television
FAQ = Frequency Ask uestion
IGOS = Indonesia Go Open Source
LAN = Local Area Network
NHC = Nuclear Health Center
NMS = Network Monitoring Server
UTP = Unshielded Twisted Pair
WAN = Wide Area Network

Semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment