Sunday, August 02, 2009

Linux, 0S Pertama Dukung USB 3.0

Gadis "geekess" pengembang kernel Linux dan karyawati Intel Sarah Sharp telah mengumumkan ketersediaan driver untuk perangkat masa depan USB 3.0. Seperti disebutkan di halaman blog-nya, driver yang dikembangkannya itu mendukung Extensible Host Controller Interface (xHCI) guna memenuhi persyaratan standardisasi USB 3.0 yang disepakati industri dan disetujui lembaga standar di November 2008 lalu.

Upaya Sarah Sharp selama satu setengah tahun berhasil membuat Linux sebagai sistem operasi pertama yang mampu dan memenuhi standar yang mendukung USB 3.0. Greg Kroah-Hartman yang selama ini bertanggung jawab dalam bidang ini di tim pengembang kernel disebutkan telah menyerahkan patches ini untuk nantinya dipasang di Kernel 2.6.31. Jadi, andaikan tiada aral melintang maka Linux sudah bisa melayani atau mendukung USB 3.0 pada September 2009.

USB 3.0 meningkatkan kecepatan komunikasi antar perangkat yang menurut perhitungan di atas kertas mencapai sekitar 5 GByte/s. Tapi pada kenyataannya, diperkirakan kecepatan puncaknya lebih rendah. Di samping itu, standar baru USB 3.0 yang utamanya dikembangkan oleh Intel ini, menyediakan catu daya lebih kuat dan peningkatan dalam hal pengelolaannya. Hal ini dimungkinkan antara lain dengan mengeliminasi proses polling. Bersama generasi USB 3.0, konsep dari Hub juga berbeda di mana sebuah hub terdiri atas dua hub turunan yang satu bertugas menangani modus baru Super-Speed, sedangkan yang lainnya untuk kecepatan tipe USB sebelumnya, yaitu Low-Speed, Full-Speed, dan High-Speed.

Kode sumber dari driver yang dikembangkan gadis ini, dapat ditemukan di repositori git.kernel.org di berkas atas namanya (sharp). Menurut Sharp, perusahan NEC Electronics akan meluncurkan host controller pertama di dunia untuk USB 3.0 yang mengadopsi spesiflkasi xHCI asal pengembangan Intel.

Sumber : Majalah InfoLinux 08/2009

No comments:

Post a Comment