Friday, July 31, 2009

Tip Webmail dengan SquirrelMail

Beberapa tip dan trik yang mungkin berguna bagi para pengguna webmail yang mengandalkan paket aplikasi SquirrelMail :


1. Batasi jumlah e-mail di INBOX

Jumlah e-mail dalam folder INBOX lebih kecil dari 1000-an. Jika kelebihan, sebaiknya pindahkan ke folder lain atau hapus e-mail yang tidak penting.

2. Membuat folder baru

Untuk membuat folder baru bagi kebutuhan tip #1, lakukan langkah-langkah sbb :
Menu Folders -> Create Folder -> tuliskan nama folder yang anda inginkan -> Create

Perhatikan bahwa pilihan disebelah kanan "Create" ini adalah "INBOX", bukan yang lainnya. Ini dilakukan agar sub folder yang barusan dibuat benar-benar di bawah folder INBOX, bukan di bawah sub folder lainnya. Agar tidak menjadi sub-sub folder.

3. Filter Pesan

Agar e-mail yang masuk langsung masuk ke folder yang sesuai, bisa ikuti langkah-langkah di bawah ini. Jadi anda tidak usah repot-repot mensortir e-mail yang masuk. Biarkan Squirrelmail yang melakukan untuk anda.

Menu Options -> Message Filters -> New -> Match : pilih "From/To/Cc/To or Cc/Subject/Header" -> Contains : isi terserah anda -> Move to : isi nama folder yang anda inginkan -> Submit

Pengkatagorian ini hanyalah sebuah cara agar email yang ada di INBOX tidak terlalu banyak. Sehingga proses membuka webmail menjadi lebih ringan dan mudah. Jadi, kemungkinan besar email baru dengan katagori yang sudah diatur tidak akan masuk lagi ke INBOX. Langsung dimasukkan ke folder masing-masing. Untuk itu, mohon juga memeriksa email-email baru yang ada di setiap folder.

4. Atur jumlah e-mail per halaman

Sebenarnya jumlah e-mail yang tampil per halaman bisa diatur lho. Ikuti aja langkah berikut ini :
Menu Options -> Display Preferences -> Mailbox Display Options -> Number of Messages per Page: isi nilai yang adan inginkan -> Submit

5. Tidak perlu tambah quota.

Mempercepat pembukaan webmail tidak ada hubungannya dengan penambahan quota. Untuk itu, jika merasa lambat, janganlah buru-buru meminta tambahan quota.

6. Ganti Password

Silahkan pilih menu "Options". Menu ini ada di bagian atas webmail. Lalu pilihlah menu "Change Password". Selanjutnya masukkan password yang lama, lalu password yang baru sebanyak 2x. Jangan lupa setelah selesai, klik "Submit".

7. Alamat webmail alternatif

Selama ini, kalau membuka email maka alamat yang digunakan adalah http://webmail.batan.go.id/. Namun jika masih menghadapi kesulitan dalam membuka email, mohon gunakan alamat alternatif http://serpong4.batan.go.id/mail2/. Ini adalah alamat webmail yang masih dalam pengembangan.


Selamat mencoba, semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment