Sunday, August 02, 2009

Fedora 11

Dua minggu sesudah jadwal resmi, akhirnya leonidas sebagai rilis nomor sebelas dari sistem operasi Fedora resmi diluncurkan pada 9 Juni 2009. Fedora 11 datang tidak hanya dengan penampilan anyar, tapi juga dilengkapi banyak fitur-fltur Linux terbaru seperti OpenOffice.org 3.1 dan Firefox 3.5 yang barangkali tidak lama lagi akan disusul oleh distro-distro lainnya.

Fitur baru yang paling mencolok adalah dukungan terhadap Kernel-based Mode-Setting (KMS) bersama chipset Intel dengan fitur grafis terintegrasi, termasuk semua produk Radeon. Walaupun Fedora 10 sebelumnya dengan beberapa versi Radeon telah mendukung teknologi ini, diklaim bahwa dibantu menggunakan fitur kernel dimungkinkan kendali lebih luas terhadap GPU (Graphics Processing Unit) yang juga bertanggungjawab terhadap penyetelan monitor termasuk resolusinya.

Kecepatan booting yang acap dijadikan parameter terhadap distro-distro baru, juga mendapat perhatian khusus para pengembang Fedora. Leonidas diklaim mampu lompat dari awal dalam waktu 20 detik. Selain itu, Fedora 11 secara default telah menggunakan file system Ext4 yang memiliki banyak kelebihan ketimbang Ext3.

Sumber : Majalah InfoLinux 08/2009

No comments:

Post a Comment