Tuesday, March 01, 2011

Yahoo! Berkomitmen Mengembangkan Apache Hadoop

Yahoo!, salah satu perusahaan besar di bidang penyedia solusi Internet, telah mendistribusikan kode Hadoop buatannya dan berencana untuk bekerja lebih dekat dengan komunitas Apache Hadoop. Distribusi Hadoop dari Yahoo! selama ini menjadi lahan percobaan bagi Yahoo! dalam bereksperimen dan merilis hasil karya sendiri untuk aplikasi komputasi terdistribusi dan kerangka penyimpanan ini. Sayangnya, karena dikerjakan secara internal oleh Yahoo!, langkah itu justru merugikan proyek Apache Hadoop.

Eric Baldeschwieler, Yahoo's VP of Software Engineering, mengatakan bahwa sayangnya Apache tidak lagi menjadi tempat yang jelas sebagai tujuan rilis Hadoop. Namun, setelah melihat berbagai macam opsi yang terkait dengan perusahaan, kini Yahoo! memutuskan untuk bekerja sama dengan komunitas Apache Hadoop. Selain itu, Yahoo! Juga berkomitmen dalam tujuan pengembangan yang ingin dicapai oleh proyek Apache Hadoop.

Namun, tentu saja terdapat sejumlah tantangan untuk hal yang akan dilakukan oleh Yahoo!. Salah satunya adalah cara memasukkan beberapa orang yang selama ini bekerja secara signifikan untuk proyek Apache Hadoop. Saat ini, Yahoo! memiliki dua cabang. Satu cabang stabil yang menjalankan sekitar 40.000 node server internal dan satu lagi cabang untuk tahap pengembangan. Langkah ini akan dimulai dengan penggabungan kode dari cabang "mempertahankan", yang menurut Baldeschwieler merupakan versi paling stabil dan memiliki kinerja yang tinggi dalam sejarah rilis Hadoop.

Hasil kerja sama pengembangan Apache Hadoop yang dilakukan antara Yahoo! dengan komunitas Apache Hadoop, nantinya diharapkan dapat berjalan secara transparan, dirilis secara berkala dan terjadi aktivitas yang aktif dengan sesama kontributor Hadoop.

Sumber : Majalah InfoLINUX 03/2011

No comments:

Post a Comment