Tuesday, March 01, 2011

RabbitMQ 2.3.0

Pengembang RabbitMQ baru saja merilis versi terbaru RabbitMQ, aplikasi pengirim pesan enterprise open source berbasiskan Java, yakni RabbitMQ 2.3.0. Dalam versi terbaru itu telah ditambahkan dukungan otentikasi dan IPv6 ke dalam sistem. RabbitMQ merupakan implementasi dari protokol pengirim pesan AMQP yang dilisensikan ke dalam lisensi MPL.

Pada versi terbarunya itu, RabbitMQ telah menyertakan pluggable authentication layer sebagai implementasi dari SASL dan dilengkapi dengan sebuah plugin untuk dapat melakukan otentikasi dengan SSL. Dukungan IPv6 juga mengizinkan server RabbitMQ untuk dapat menggunakan IPv4 dan IPv6 secara default. Sejumlah fitur yang lain ditingkatkan, termasuk tambahan untuk spesifikasi AMQP yang memungkinkan streaming penerimaan konfirmasi pesan.

Dari sisi klien, pengembang menghilangkan dukungan Java 1.4 pada pustaka klien saat memperbaiki Java 1.5. Sejumlah perbaikan bug juga dimasukkan ke dalam kode untuk memperbaiki stabilitas dan keandalan aplikasi.

Pengguna yang ingin segera mencoba paket RabbitMQ 2.3.0, aplikasi itu dapat di-download dari http://ww.rabbitmq.com/download.html.

Sumber : Majalah InfoLINUX 03/2011

No comments:

Post a Comment