Tuesday, March 01, 2011

Peraturan Baru OpenJDK

Mark Reinhold, kepala arsitek platform Java di Oracle, telah meng umumkan di blognya bahwa dirinya dengan bantuan John Dullmovich dan Jason Gartner dari IBM, Mike Milinkovich dari Eclipse, Prof. Doug Lea dari SUNY Oswego, dan Adam Messinger dari Oracle telah menyusun seperangkat aturan komunitas OpenJDK. Seperangkat aturan itu akan diterapkan untuk komunitas.

Reinhold mengatakan bahwa mereka tidak membuat sejumlah aturan itu dari awal, tetapi melanjutkan sejumlah aturan yang telah dibuat oleh Dewan Tata Kelola Internal OpenJDK. Reinhold juga berterima kasih kepada Dewan Ketua Internal OpenJDK yang terdiri atas Doug Lea, Fabiane Nardon, Simon Phipps, dan Dalibor Topic atas kontribusi mereka atas proses pembuatan aturan itu.

Oracle juga telah mendapat sejumlah perusahaan untuk mendukung upaya pengembangan OpenJDK. IBM telah meninggalkan proyek Apache Harmony untuk kemudian bergabung dengan proyek OpenJDK. Selain IBM, Apple juga membatalkan pengembangan Java secara internal untuk turut bekerja sama dalam pengembangan OpenJDK untuk platform Mac OS X dengan Oracle.

Sumber : Majalah InfoLINUX 03/2011

No comments:

Post a Comment