Wednesday, November 17, 2010

Topik PKL

Topik yang bisa dilaksanakan oleh mahasiswa PKL dalam rangka membantu tugas satker adalah aktifasi SIP Phone. SIP Phone perlu diaktifkan karena dapat menggantikan fungsi telpon ekstensi (4 angka) di kawasan Puspiptek yang pernah beroperasi beberapa waktu yang lalu. Sebenarnya telpon ekstensi ini sudah disebar diseluruh lab di kawasan Puspiptek. Namun karena Wireless Backbone sedang bermasalah hingga sekarang, maka interkoneksi antar laboratorium belum normal. Di tempat kami berfungsi karena kami mengadakan sendiri IP PBX Server, Briker Box. Pada dasarnya Briker Box bisa juga digunakan sebagai jembatan untuk menelpon ke luar, dengan menekan kode tertentu tentunya.
Kegiatan terkait aktifasi SIP Phone adalah :
  1. Aktifasi SIP Phone di PSJMN
  2. Aktifasi SIP Phone di PRPN
  3. Aktifasi SIP Phone diPTLR
  4. Aktifasi SIP Phone diPTBIN
  5. Aktifasi SIP Phone diPTRKN
  6. Aktifasi SIP Phone diPKTN
  7. Aktifasi SIP Phone diPTBN
  8. Aktifasi SIP Phone diPRR
  9. Aktifasi SIP Phone diPRSG
Aktifasi SIP Phone meliputi :
  1. Pemetaan lokasi
  2. Pengecekan status dan kondisi : kable UTP, koneksi, SIP Phone, IP Address, SIP Number
  3. Membuat simulasi LAN atau extended LAN suatu Satker di Lab. Ini akan memudahkan pengujian SIP Phone tanpa harus ke lokasi.
  4. Penambahan No. Ekstensi di IP PBX Briker Box
  5. Setting dan konfigurasi ulang SIP Phone
  6. Pemasangan SIP Phone di lokasi
  7. Pengujian
  8. Membuat buku telpon dan manual singkat penggunaannya.
  9. Membuat label No. Telpon se-satker dan ditempel di handset SIP Phone
Topik lain yang bisa diimplementasikan
  1. Menyimpan hasil pemantauan IP Camera dari Trendnet TV-IP422, berikut pemasangan IP Camera baru.
  2. Uji coba Proxy menggunakan Mikrotik RB450G yang ditambah MicroSD. Selama ini menggunakan Squid.
  3. Mengganti VLAN berbasis Catalyst 2950 dengan RB1100. Cek interkoneksi antar segmen
  4. Monitoring suhu ruang server secara online
  5. Meminimalkan penggunaan jumlah Wireless Access Point(WAP) . Semakin banyak WAP akan semakin sulit manajemennya. Misal di Kantor Pusat, cukup menggunakan 1 unit WAP + antena sectoral 120 deajat yang diletakkan di depan kantor di pagar depan.
  6. Alarm pada Nagios dialihkan ke rotary lamp.
Kegiatan Siswa PKL :
  1. Monitoring Winbox seluruh kawasan kerja
  2. Mendata pemakaian bandwidth per satker per minggu
  3. Monitoring CCTV Server, mengecek space hard disk, menghapus file jika kepenuhan
  4. Monitoring IP PBX Server
  5. Monitoring Nagios
  6. Lengkapi data pengguna webmail
  7. Lain-lain, cek disini.
Istilah IP Phone, SIP Phone dan VoIP (Voice over Internet Protocol) pada dasarnya sama saja. SIP (Session Initiation Protocol) adalah salah satu protokol yang digunakan oleh VoIP selain protokol H.323 yang telah digunakan sejak lama. Jadi, SIP dan H.323 hanyalah masalah protocol belaka. SIP standar dari IETF sementara H. 323 standar dari ITU. Penggunaan kedua protocol akan terkait dengan port TCP/IP yang perlu dibuka di Firewall.

Topik PKL dan TA :

  1. Instalasi Nagios
  2. Instalasi MRTG
  3. Instalasi IP PBX
  4. Instalasi IP Camera di NOC
  5. Instalasi DVR
  6. Instalasi Proxy
  7. Instalasi IDS
  8. Instalasi OSSIM
  9. Instalasi Load Balancing untuk Mail Server
  10. Instalasi Tele Conference

No comments:

Post a Comment