Sunday, November 14, 2010

Linus Torvalds Menjadi Warga Negara Amerika Serikat

Linus Torvalds, pengembang utama Kernel Linux, saat ini telah menjadi warga negara Amerika Serikat, setelah menghabiskan waktu lebih dari satu dekade menetap di sana. Programmer kelahiran Finlandia ini bertanggung jawab untuk mengembangkan kernel Linux dan memicu revolusi open source, hingga mencapai status proses legendaris.

Dalam diskusi yang terdapat di milis kernel Linux, Torvalds memberikan sebuah komentar kalau dirinya akan pergi melakukan pendaftaran pemilih dan memperbarui socsec (Social Security) pertama, meskipun dirinya sudah menjadi warga negara Amerika Serikat (AS). Pada situs OregonLive.com, Torvalds juga menjelaskan kalau mereka harus selalu memperpanjang status green card milik mereka setiap setahun, untuk tetap dapat menetap di AS.

Torvalds juga memberi penjelasan tambahan pada situs OregonLive.com, kalau Torvalds dan keluarga telah tinggal di AS selama 14 tahun, dimana kedua anaknya telah menjadi warga negara AS karena mereka lahir di sana. Hal ini membuat dirinya benar-benar kerasan dan ingin mengubah status kewarganegaraan.

Saat ini, Torvalds dan keluarga tinggal di daerah Portland, Oregon. Proses perubahan kewarganegaraan Torvalds dari warga negara Finlandia menjadi warga negara AS juga lebih mudah daripada yang Torvalds bayangkan. Semuanya berjalan sangat baik, dan tidak memerlukan banyak waktu. Tentu saja, fakta bahwa Linus Torvalds adalah seorang tokoh teknologi terkemuka mungkin sangat membantu dirinya untuk dapat cepat memperoleh status kewarganegaraan AS. Padahal sebelnya, Torvalds berpikir kalau proses mendapatkan status kewarganegaraan Amerika Serikat akan mengalami proses panjang dan berbelit-belit, memerlukan waktu selama bertahun-tahun, dan memerlukan cukup banyak usaha.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 11/2010

Check out at http://blog.oregonlive.com/

No comments:

Post a Comment