Sunday, November 14, 2010

Rencana Novell Menjual SUSE Linux

Novell, perusahaan yang berada di belakang kesuksesan distro SUSE Enterprise Linux, beberapa tahun ini tidak terdengar lagi akan melakukan langkah yang besar. Gosip terbaru bahkan mengatakan kalau Novell sedang berusaha untuk menjual bisnis Linux yang dimilikinya, dimana VMware menjadi salah satu penawar yang paling serius.

Menurut berita yang didapat dari Wall Street Journal, Novell telah melakukan pembicaraan dengan sejumlah perusahaan, dimana dua perusahaan serius untuk mengakuisisi sebagian aset milik Novell. Sebelumnya, Novell sedang mencari pembeli yang tertarik untuk mengakuisisi Novell sepenuhnya. Tampaknya, VMware sangat tertarik dengan SUSE Linux yang dimiliki oleh Novell. Sebelumnya, VMware sudah memiliki kesepakatan dengan Novell, dan telah bekerja sama dengan baik untuk dapat menjalankan SUSE Linux di VMware atau sebaliknya, sehingga setelah proses akuisisi nanti, diharapkan tidak akan kesulitan yang berarti.

Meski tertarik untuk membeli SUSE Linux, VMware tidak tertarik untuk menjual SUSE Linux secara langsung. Nantinya, VMware akan mengintegrasikan SUSE Linux dengan produk miliknya yang sudah ada di dunia virtualisasi. SUSE Linux akan ditawarkan oleh VMware sebagai pilihan untuk guest machine (komputer guest) kepada para klien yang menginginkannya.

Seperti diketahui bersama, Novell mengakuisisi SUSE Linux pada tahun 2003 dengan nilai akuisisi sebesar US$ 210.000.000. Diluar bisnis Linux, meski Novell bukan perusahaan yang aktif atau inovatif, namun Novell masih banyak mendapatkan pemasukan produk jaringan yang dulu pernah dibuatnya, yakni dari paket aplikasi Novell Netware.

Hingga berita ini dibuat, belum ada berita lanjutan hasil pembicaraan kedua pihak mengenai akuisisi SUSE Linux, seperti bagaimana pembagian aset perusahaan, besar nilai akuisisi dan sebagainya. Jadi kita tunggu saja hingga ada pengumuman resmi yang dikeluarkan oleh kedua pihak mengenai proses akuisisi ini.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 11/2010

No comments:

Post a Comment