Sunday, November 14, 2010

Proyek Mageia

Setelah beberapa kali dihempas kabar tak sedap akibat situasi keuangan yang tidak kunjung membaik, beberapa pengembang dan komunitas aktif Mandriva berniat untuk pergi meninggalkan proyek Mandriva, dan memulai pembuatan distro alternatif turunan Mandriva yang bernama proyek Mageia.

Dari catatan yang terdapat pada website Mageia, tujuan dibuatnya proyek Mageia lebih dikarenakan tidak adanya kepastian akan masa depan Mandriva, dan kelanjutan dukungan terhadap komunitas Mandriva. Sebagian besar karyawan yang bekerja pada distro Mandriva juga ada yang di PHK, saat perusahaan ini nantinya dilikuidasi.

Saat ini, sudah terdapat puluhan kontributor Mandriva dan mantan karyawan Mandriva pada situs Mageia, yang dikabarkan terlibat dalam pengembangan proyek Mageia. Tim ini akan melanjutkan ide-ide dan prinsip-prinsip Mandriva, dan mengambil tempat proyek yang ditinggalkan. Karena masih dalam tahap awal, tim ini sedang melakukan organisasi dan mencari hosting dan server untuk memulai pembuatan proyek. Proyek Mageia sendiri nantinya akan menjadi distro yang berbasis pada komunitas, dan menjadi organisasi yang bersifat non-profit.

Sumber : Majalah bulanan InfoLINUX 11/2010

No comments:

Post a Comment